5 Strategi Marketing dalam Meningkatkan Penjualan Toko Online

marketing-681179_640

Menurut seorang pakar bisnis yang bernama Stuart Anderson, “Berbisnis tanpa adanya upaya promosi, ibaratkan mengedipkan mata pada seorang wanita ditengah-tengah kegelapan” yang artinya anda tahu dengan apa yang anda lakukan namun orang lain tidak mengetahui mengenai apa yang sedang anda usahakan. Tanpa adanya sebuah promosi, bisnis online anda sama sekali tidak akan diketahui oleh orang lain yang akhirnya dapat membuat bisnis yang telah anda bangun tersebut akan menjadi sia-sia karena tidak memiliki arah, target dan visi kedepan. Itulah sebabnya mengapa berbisnis online terutama toko online ecommerce harus memiliki strategi marketing khusus, mengingat persaingannya semakin hari semakin berat.

Toko online bukanlah suatu hal yang baru, saat ini telah banyak toko online di internet yang menawarkan berbagai jenis barang / jasa yang bersaing untuk mendapatkan customer sebanyak banyaknya. Bahkan, selama beberapa tahun terakhir, tidak sedikit dari mereka yang terpaksa gulung tikar dikarenakan tidak kuatnya menghadapi tingginya persaingan dan juga dikarenakan tidak adanya strategi yang matang dalam menghadapi persaingan tersebut.  Berikut ada beberapa tips strategi marketing yang telah terbukti dapat memenangi tingkat persaingan online shop yang tinggi dan juga dapat membuat omset penjualan toko online anda bisa naik beberapa kali lipat.

Baca Juga :  Tutorial Lengkap Pembuatan Woocommerce WordPress

1. Desain Toko Online yang Profesional

Mendesain toko online dengan semenarik mungkin & seprofesional mungkin, sudah tergolong kedalam internal marketing dan hal tersebut sangatlah penting sekali untuk dipertimbangkan. Menurut penelitian KISS Metrric amerika serikat, 42 % online shopper trusted an online shop by its design alone.  Penelitian ini menyatakan bahwa, dengan hanya bermodalkan desain toko online yang menarik & profesional saja, anda sudah bisa mendapatkan 42 % kepercayaan dari para pengunjung toko online anda. Penelitian ini justru tidak mengherankan, karena desain itu merupakan sebuah seni yang melambangkan profesionalitas, komitmen, kualitas, dan kepercayaan. Untuk mendesain sebuah online shop ecommerce yang baik,  Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan.

  • User Friendly – Usahakan desain toko online anda dapat memudahkan calon pembeli dalam mencari barang yang mereka inginkan, memudahkan dalam memilih kategori produk, smart navigasi, mudah dalam proses  check out, pengiriman, dan pembayaran.
  • Foto – Utamakan semua foto produk yang akan dijual  menggunakan foto kualitas HD dan lengkapilah masing-masing produk dengan gallery foto yang memudahkan pembeli untuk melihat detail penampakan yang lebih jelas.
  • Theme – Gunakan theme yang responsive, clean code, retina ready, dan desain menarik
  • Logo – Gunakan unik logo sendiri, kreatif, menarik, dan mudah diingat
  • Homepage – Pada homepage gunakanlah Banner yang mengambarkan SALE (Promosi Diskon), featured product, Recent Product, categories, dan lain sebagainya agar terlihat sangat profesional.

2. Konten Marketing

Konten marketing ialah salah satu contoh marketing yang mempromosikan sebuah produk dengan menggunakan berbagai media konten seperti blog, foto, video dan lain sebagainya. Sekitaran 80 % toko online indonesia yang saya lihat, sama sekali tidak melakukan sedikitpun konten marketing ini, padahal konten marketing memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan omset penjualan anda. Dengan konten marketing, anda akan mendapatkan 3 manfaat sekaligus yaitu  :

  • Mendapatkan lebih banyak visitor yang datang ke website toko online anda,
  • Meningkatkan brand awareness
  • Meningkatkan kepopuleran toko online anda.
  • Meningkatkan omset penjualan

agar lebih mudah dipahami, saya akan memberikan dua contoh konten marketing yaitu konten marketing blog dan konten marketing video.

Contoh Konten Marketing Blog

Setiap website online shop ecommerce, pasti akan memiliki sebuah fitur blog untuk membuat beberapa artikel, fitur tersebut sebenarnya bisa digunakan untuk membuat sebuah konten marketing blog untuk toko online anda. Supaya lebih mudah dipahami, saya akan menjelaskannya dengan sebuah studi kasus. Misalkan saja, anda mempunyai sebuah toko online butik wanita.  Sekitar 2 minggu lagi masyarakat indonesia akan merayakan  hari raya lebaran sehingga membuat kebutuhan terhadap bajupun juga semakin meningkat.

Jika kita lihat di google trend, maka kata kunci (keyword)  seperti “baju lebaran“, “busana lebaran“, “pakaian lebaran“, “model baju lebaran terkini“, “baju lebaran wanita” dan lain sebagainya akan meningkat dratis menjelang hari raya lebaran. Disinilah kesempatan anda untuk  menangkap banyak visitor dari google dengan kata pencarian yang trending tersebut. Cara yang sangat efektif untuk menarik visitor dengan keyword tersebut yaitu dengan membuat sebuah postingan blog  seperti “7 Trend mode Pakaian Lebaran Wanita 2016” sambil memasukan foto-foto produk yang anda jual sendiri di toko online anda sehingga membuat daya tarik orang yang membaca artikel tersebut untuk membeli produk anda semakin meningkat. Sampai sekarang strategi marketing dengan postingan blog ini sangat berpengaruh dalam meningkatkan omset penjualan anda.

Contoh Konten Marketing Video

Untuk membuat Konten marketing video, sangatlah direkomendasikan untuk menggunakan youtube sebagai media promosi produk toko online anda. Usahakan konten marketing video tersebut dibuat semenarik mungkin sehingga ia dapat menjelaskan secara gamblang mengenai keunggulan & kualitas dari produk yang anda jual.

Misalkan anda mempunyai sebuah toko online pakaian yang menjual produk Jilbab A. Untuk membuat sebuah konten marketing video mengenai jilbab A, anda bisa saja membayar seorang wanita cantik untuk mengenakan Jilbab A. Setelah itu, anda dapat merekamnya dan membuatnya kedalam sebuah video advertising, kemudian upload video tersebut ke youtube. Tujuan dari video tersebut untuk membuat daya tarik pembeli yang kebetulan menonton video anda tersebut di youtube. Jangan lupa untuk mewatermark video tersebut dengan nama domain toko online anda dan jangan lupa untuk membuat deskripsi produk, url domain online shop anda dan penawarkan beberapa diskon promosi di video description.

3. Email Marketing

Perlu ketahui bahwa, tidaklah semua visitor yang datang ke toko online anda pasti akan membeli produk yang anda jual. Kebanyakan dari mereka justru hanya ingin melihat-lihat berbagai produk yang anda jual saja. Namun setidaknya, kita mesti berusaha untuk mendapatkan email dari para visitor tersebut yang biasa disebut dengan email subsriber, Untuk membuat fitur email subscriber kita bisa menginstal email subscriber plugin atau jika ingin lebih profesional kita bisa menggunakan mailchimp yang bisa digunakan secara gratis sampai dengan 2000 subscriber.

Letakan email subscriber signup widget pada posisi strategis yang mudah terlihat oleh visitor atau anda juga bisa membuat sebuah Email Sign Up Pop Up di website anda. Namun, ada etika yang harus kita patuhi sebelum menggunakan Email marketing via Subcriber ini yaitu menjaga data privasi para subscriber dan tidak melakukan SPAM ke email mereka. Berikut 4 hal yang biasanya dikirimkan via email kepada para subscriber toko online anda.

  • Sarana untuk mempromosikan produk baru dan Produk yang akan dijual (upcoming product)
  • Sarana untuk penawaran kupon promosi, diskon, sale dan lain sebagainya
  • Mengirimkan postingan blog yang relevan kepada mereka
  • Mengirimkan beberapa artikel non produk agar para subsriber merasa tidak bosan

4. Social Media Marketing

Jika anda bisa melakukan social media marketing ini dengan baik, maka akan berdampak bagus terhadap bisnis online shop anda.  Tujuan utama dari permaianan social media ini, membawa para pelanggan anda sebagai advocate brand toko online yang anda buat. Karena mereka dapat dengan mudahnya menshare produk yang mereka sukai di sosial media mereka masing-masing.

Banyak pakar marketing mengatakan bahwa, Sosial media yang sangat efektif untuk promosi bisnis e-commerce ialah Instagram dan Pinterest, Tetapi twitter dan facebook juga cukup baik untuk mempromosikan bisnis toko online anda. Namun, disarankan untuk fokus pada satu atau dua sosial media saja, apalagi bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk otak atik sosial media.

Usahakan untuk selalu berinteraksi dengan para follower anda, jawab pertanyaan mereka, informative dan menghibur. Usahakan postingan yang berisi promosi produk secara langsung hanya sekitar 20 – 30 %, selebihnya  buat postingan mengenai artikel artikel menarik, unik dan informatif yang berhubungan dengan produk anda (konten marketing & video marketing). Jangan lupa untuk memberi follower anda reward poin jika mereka menshare , like, posting beberapa produk yang anda tawarkan di sosial media.

5. Gunakan Iklan PPC di Google Adword

Jika anda telah melakukan Search Engine Optimation (SEO) dengan  semaksimal, namun, hasil yang didapatkan belum begitu memuaskan, maka opsi terakhir bisa menggunakan layanan iklan PPC di google adword. Silahkan gunakan berbagai fitur yang ada di google adword, seperti find new keyword, keyword planner, bidding, dan volume search / month. Gunakan keyword yang sangat relevan dengan usaha anda, dan jangan lupa untuk tidak mengambil bid yang terlalu besar agar dapat menghemat biaya iklan. Silahkan klik disini untuk  membaca google adword guide.

Sekian, 5 strategi marketing yang telah terbukti ampuh dalam meningkatkan penjualan toko online ecommerce anda. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca sekalian, jika ada pertanyaan silahkan tulis komentar dibawah postingan ini. Terima kasih

Baca Juga : 5 Situs kerja freelance terbaik

Leave a Reply