6 Bisnis Online Terbaik Untuk Mahasiswa

Ketika saya menjadi mahasiswa dulu, banyak sekali masalah yang sering saya hadapi dalam kehidupan saya sehari-hari, terutama masalah finansial. Masalah finansial ini justru tidak hanya dihadapi oleh saya sendiri saja, bahkan jutaan mahasiswa lain juga merasakan masalah krisis finansial dan hidup pas-pasan, apalagi harus hidup jauh dari orang tua. Oleh sebab itulah, banyak mahasiswa yang ingin mencari uang tambahan namun tidak tahu mesti bagaimana harus mendapatkan uang tersebut. Melalui postingan ini saya ingin berbagi kepada sobat mahasiswa sekalian mengenai 6 peluang bisnis online untuk mahasiswa dengan modal yang sangat sedikit bahkan tanpa modal sama sekali.

Sebelum menghasilkan uang lewat bisnis online, saya sangat menyarankan kepada teman teman sekalian untuk membuat sebuah akun paypal yang telah terverivikasi, membuat akun paypal sangatlah mudah, hanya dibutuhkan waktu 10 menit saja untuk membuatnya. Untuk memverivikasinya tidaklah harus memiliki sebuah kartu kredit, kita juga bisa memverivikasinya menggunakan VCC (virtual credit card) dengan menelan biaya sebesar Rp 125.000 rupiah untuk 5 tahun. Akun paypal ini sangatlah berguna untuk menerima dana pembayaran dari bisnis online yang kita buat, komisi dari afiliasi, membayar hosting+ domain dan lain sebagainya.

Menjadi Freelancer di Fiverr.com

bisnis-online-di-fiverr

Bisnis online untuk mahasiswa yang saya sarankan pertama adalah menjadi freelancer di Fiverr. Fiverr.com adalah sebuah situs yang menghubungkan ratusan ribu freelancer yang menawarkan berbagai ribuan jasa, keahlian, dan kepandaian kepada jutaan pelanggan di seluruh dunia. Sebagai freelancer di fiverr kita bisa menawarkan ribuan kepandaian atau keahlian yang kita miliki kepada pelanggan seperti, corel draw, photoshop, penulis lepas, desain banner, desain logo, vector, desain Web, jasa kerajinan tangan, resep masak, jasa SEO, jasa Backlink, jasa edit video, programing, jasa terjemahan, lukisan, pengiriman oleh-oleh dan masih banyak lagi yang tidak mungkin saya tulis satu persatu disini.

Menjadi freelancer di Fiverr sangatlah mudah, hanya dibutuhkan waktu 5 menit saja untuk menjadi member di fiverr tanpa  dipungut biaya sedikitpun. Kita diharuskan untuk mempunyai sebuah akun paypal sebagai pembayaran hasil jerih payah yang kita dapatkan dari situs ini. Selain itu, menjadi seorang freelancer di Fiverr juga tidak akan memakan waktu banyak apalagi harus mengganggu urusan akademik kita sebagai mahasiswa, karena kita bisa mengkontrol berapa orderan maksimal perhari yang bisa kita handle.

Menjadi Seorang Blogger

bisnis-online-sebagai-blogger

Bisnis online untuk mahasiswa yang menjadi list kedua saya adalah menjadi seorang blogger. Perlu saya tekankan bahwa, mencari uang sebagai seorang blogger bukan berarti hari ini buat blog dan besok langsung dapat uang. Mencari uang sebagai seorang blogger memang membutuhkan kesabaran dan konsistensi yang tinggi, karena untuk mendapatkan visitor yang banyak dan stabil membutuhkan waktu berbulan bulan untuk mendapatkannya, asalkan kita bisa konsisten dalam mengurus blog tersebut, baik itu konten maupun SEO.

Menjadi seorang blogger tidak akan memakan waktu yang banyak apalagi harus mengganggu urusan perkuliahan yang merupakan kewajiban dari mahasiswa, saya secara pribadi hanya membuat satu postingan per 3 hari. Dan membuatnya secara bertahap sekitaran 200- 300 kata perhari yang hanya memakan waktu setengah jam / hari. Dan setengah jam lagi saya gunakan untuk membangun backlink untuk meningkatkan SERP blog saya di mesin pencari google. bisnis online sebagai seorang blogger memang sangat menguntungkan, kita bisa mendapatkan uang dari iklan PPC (adsense), iklan mandiri,  link afiliasi, produk review, menjual barang atau jasa yang kita miliki dan lain sebagainya.

Untuk membuahkan hasil yang baik dibutuhkan sedikit modal untuk pembelian domain + hosting biasanya hanya berkisar sekitar 300 – 500 ribu / pertahun, domain + hosting ini bertujuan agar blog kita bisa menjadi lebih profesional dan disukai banyak visitor. Baca juga : Review & Kupon Diskon hosting lengkap.

Bisnis Online Menjadi Penulis Lepas

bisnis-online-menjadi-penulis-lepas

Menjadi seorang penulis lepas di internet merupakan peluang terbaik bisnis online untuk mahasiswa. Jika sobat memiliki kemampuan menulis bahasa inggris yang baik ditambah dengan grammatical yang baik, maka peluang usaha online sebagai penulis lepas akan semakin terbuka, saya menyarankan sobat sekalian untuk menggunakan situs iwriter.com atau fiverr yang dapat membayar rentangan 4 – 35 US dollar / 500 kata, tergantung dari kualitas penulisan yang kita buat. Pastinya, kita harus memiliki akun paypal sebagai sarana pembayaran dari hasil tulisan yang telah kita buat. Pendaftaran mudah dan hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk mendaftar.

Membuat Sebuah Toko Online

BetaCommerce-toko-online-blogger

 

Ketika saya berbicara mengenai toko online, maka hal yang pertama yang terpikirkan oleh orang-orang adalah ” wah bisnis toko online itu susah”, “wah saya mesti dapat barangnya dari mana”, “modalnya gede”, “saya gak bisa buatnya” dan lain sebagainya. Oleh karena itu, mari saya jelaskan mengapa bisnis toko online ini mudah dan cocok untuk mahasiswa. Pertama mengenai barang yang dijual, sekarang untuk berjualan secara online, kita sudah tidak perlu lagi untuk mempunyai barang itu secara langsung, kita bisa menggunakan jasa dropshipping atau reseller yang sangat banyak sekali penawarannya diluar sana. Bahkan kita bisa menggunakan jasa afiliasi toko online besar seperti lazada untuk meraih keuntungan dari toko online yang kita buat. Jadi intinya, kita tidak harus memiliki modal sepeserpun untuk memiliki stok barang yang akan kita jual di toko online kita.

Untuk masalah pengiriman barang, kita juga tidak harus capek -capek mengirimnya sendiri, biarkan para penyedia jasa dropshipper atau reseller yang akan melakukannya sehingga tidak banyak waktu kita yang tersita sebagai mahasiswa untuk menjalankan bisnis ini. Modal yang harus kita miliki untuk membuat sebuah toko online hanya terletak pada pembelian sebuah domain dan hosting dengan modal kisaran 500 rb – 800 rb / tahun. Selain itu kita juga di tuntut untuk pandai membuat dan mengoperasikan toko online kita sendiri. Untuk  lebih jelasnya silahkan baca artikel ini : Panduan lengkap cara membuat toko online dan mengoperasikannya.

Menjual Produk Sendiri di Toko Online Besar

marketing-681179_640

Semakin majunya teknologi IT membuat proses penjualan barang di internet menjadi semakin lebih mudah dan membuat probability bisnis online untuk mahasiswa juga semakin besar. Jika sobat adalah seorang mahasiswa enterpreuner dan memiliki stok barang atau produk sendiri untuk dijual tetapi malas untuk membuat toko online sendiri maka bisa menggunakan jasa toko online besar seperti tokopedia dan bukalapak.com. Melalui toko online besar inilah bisnis sobat bisa berkembang pesat tanpa harus capek capek untuk membuat toko online sendiri apalagi harus berurusan tentang SEO yang harus kita bangun. Namun, perlu diingat bahwa, menggunakan jasa toko online besar tidak berlaku untuk bisnis jasa bisnis dropshipper ataupun reseller.

Bisnis Online Afiliasi

Bisnis afiliasi ini, sebenarnya sudah saya singgung pada penjelasan tentang blogger dan toko online diatas. Untuk bisa sukses program afliliasi ini, sangat disarankan untuk mempunyai blog yang mempunyai visitor yang banyak, dan saya sendiri adalah salah satu blogger yang bermain di bisnis afiliasi  ini. Bisnis afiliasi merupakan sebuah bisnis yang mempengaruhi orang lain agar membeli sebuah produk promosikan melalui refferal link  yang kita daftarkan di perusahaan yang mengeluarkan produk tersebut. Silahkan klik link ini, sebagai contoh bagaimana saya menjalankan sebuah bisnis afiliasi produk hosting dengan cara mereview produk tersebut.

 

One Response

  1. Zerone Blog 31 Mei 2016

Leave a Reply