Keuntungan Memiliki Toko Online Bagi Usaha Dagang Anda

usaha-online

Jika anda merupakan seorang pedagang,  mempunyai sebuah toko yang menjual berbagai barang & jasa yang proses jual belinya dilakukan secara tatap muka langsung (offline). Maka sudah saatnya usaha dagang anda tersebut dibuat secara online dengan membuat sebuah toko online.  Melalui toko online, anda bisa menjual apa saja yang ingin anda pasarkan, baik itu gadget, software, pakaian, barang-barang rumah tangga, asesoris, spare part kendaraan bermotor dan lain sebagainya. Banyak sekali manfaat yang akan anda dapatkan jika membuat bisnis offline anda menjadi online. Bahkan sampai saat ini masih banyak para pebisnis yang tidak melihat kesempatan emas dalam mengekspansi  bisnis mereka keranah online bisnis. Berikut beberapa keuntungan memasarkan produk yang anda jual melalui toko online :

1. Memperluas Jangkauan Bisnis Anda

Dengan memasarkan produk yang anda jual dengan toko online, maka anda secara tidak langsung telah memperluas jangkauan bisnis anda ke seluruh indonesia bahkan ke seluruh dunia sekalipun. Dengan membawa bisnis anda ke dunia online berarti anda telah menjangkau lebih banyak kostomer yang sebelumnya tidak mungkin bisa anda bayangkan. Siapapun bisa mengakses toko online anda dan membeli beberapa produk yang anda jual dengan mudah. Hal ini akan jauh lebih efektif dibandingkan toko offline biasa yang hanya dapat menjangkau orang – orang di sekitar lokasi toko anda dan hanya bisa diketahui dari mulut ke mulut saja.

2. Membuat Bisnis Anda Menjadi Lebih Terkenal

Saat ini, masyarakat sangat gemar sekali mencari sebuah barang maupun jasa yang ingin mereka cari melalui mesin pencari seperti google dan yahoo. Dengan memiliki sebuah website maupun toko online, akan membuat bisnis anda sangat mudah di temukan oleh orang lain jika anda melakukan teknik SEO yang benar. Selain itu, anda juga dengan mudah mendapatkan referensi / rekomendasi dari customer yang puas dengan produk ataupun jasa yang anda jual dengan menshare barang / jasa anda di sosial media mereka  seperti facebook, twitter, instagram, bahkan blog pribadi mereka masing-masing sehingga lama kelamaan bisnis anda menjadi lebih dikenal oleh masyarakat.

3. Meningkatkan Reputasi dari Usaha Anda

Zaman sekarang, jika usaha anda tidak memiliki sebuah media representasi online baik itu website, blog dan sosial media. Maka banyak sekali client atau costomer akan meragukan keseriusan anda terhadap usaha yang anda lakukan saat ini. Bahkan nama brand usaha anda juga akan lebih dikenal jika anda sendiri mempunyai media presentasi bisnis anda di dunia online.  Jadi dengan memiliki media representasi secara online, usaha anda akan dianggap lebih profesional dan berdedikasi.

4. Biaya untuk Memiliki Website / Toko Online Tidaklah Mahal

Saya dapat menjamin kepada anda bahwa, membuat dan mempunyai sebuah toko online tidak akan memakan biaya melebihi 1 juta / tahun bahkan bisa dengan biaya dibawah 500 rb / tahun asalkan trafik websitenya tidak teralalu berat. Untuk membeli domain hanya dibutuhkan biaya sekitaran 120 ribu / tahun dan biaya untuk menyewa hosting akan memakan biaya sekitar 300 ribu – 2 juta / tahun, tergantung dari kebutuhan resource server yang anda gunakan. Sebenarnya biaya sekitaran 500 rb – 1 juta / tahun tidaklah sebanding dengan keuntungan yang anda dapatkan dari bisnis online tersebut. Saya yakin jika anda memanage toko online anda dengan baik, melakukan SEO yang baik dan melakukan promosi dengan strategi marketing yang mantap, saya yakin omset anda bisa naik beberapa kali lipat dibandingkan dengan usaha bisnis offline biasa.

5. Toko Online Mudah Untuk Digunakan

Untuk mengoperasikan sebuah toko online, anda tidaklah harus mengerti masalah coding atau harus menjadi sarjana lulusan IT sekalipun. Banyak sekali tutorial di internet bahkan video di youtube yang bisa anda baca dan tonton secara gratis mengenai bagaimana cara mengoperasikannya. Bahkan anda sendiri bisa mengoperasikannya tanpa harus memperkerjakan orang lain Sepanjang toko online anda bukanlah toko online raksasa seperti lazada, bukalapak, dll.

Tidak hanya mudah dalam mengoperasikan, Tetapi  membuatnyapun juga bisa dibilang mudah dan bisa dibuat hanya dalam waktu satu hari saja. Jika anda tidak mau repot-repot dalam membuatnya, banyak sekali jasa pembuatan toko online di internet yang menawarkan berbagai macam harga, desain, dan kualitas yang bisa anda pilih berdasarkan budget anda.

Baca Juga : Cara Mengoperasikan dan Membuat Toko Online WordPress

6. Melakukan Promosi Jauh Lebih Mudah

Melakukan bisnis promosi secara online jauh lebih mudah dan murah dibandingakan dengan melakukan bisnis promosi secara offline, anda tidak perlu menyebarkan flier dimana mana, tarok iklan di koran, dan lain sebagainya yang akan memakan waktu, biaya, dan tenaga yang ekstra untuk melakukannya. Namun, jika anda mempromosikan bisnis secara online, anda hanya cukup duduk di depan komputer saja, namun masih tetap membutuhkan dedikasi, semangat, ditambah sedikit biaya untuk melakukannya. Silahkan baca artikel berikut untuk penjelasan lebih lanjut : Strategi Marketing Untuk Toko Online

 

 

 

3 Comments

Leave a Reply