Kiat sukses bisnis online Program Affiliasi

Program affiliasi sebenarnya bukanlah sebuah hal yang baru. Saya yakin pembaca semua pasti telah mengetahui istilah “sales man” yang dahulu sering sekali datang kerumah-rumah menawarkan beberapa produk yang akan dia promosikan. Para “sales man” ini akan mendapatkan komisi dalam bentuk % dari setiap barang / produk yang berhasil terjual sesuai dengan kesapakatan / kebijakan dari produsen produk tersebut.  Karena dunia semakin lama semakin canggih, maka berkembanglah program affiliasi marketing online yang sering disebut dengan makelar online. Para makelar online ini menjual barang / produk online lewat dunia online baik itu dengan media email, sosial media, blog / website.

Cara kerja program affiliasi internet sangatlah mudah, setiap perusahaan yang menggunakan sistem affiliasi marketing dalam memasarkan barang/ produknya lewat internet, mereka akan membuat sebuah link affliasi khusus yang akan berbeda-beda untuk setiap makelar online yang mendaftar diwebsitenya. Link affliasi ini berfungsi untuk mentracking semua trafik dari seorang makelar online yang mengarah ke website si produsen produk tersebut, jika sebuah trafik berhasil diarahkan melalui link affiliasi oleh seorang makelar online dan trafik tersebut akhirnya membeli sebuah produk yang dipromosikan. maka si makelar online tersebut akan mendapatkan sebuah komisi yang berupa % dari harga produk / barang yang terjual tersebut. Agar lebih mudah dipahami, mari lihat diagram berikut.

diagram-affiliasi

Perlu diketahui, sebelum merintis usaha dalam program affiliasi, diperlukan beberapa strategi tersendiri agar mendapatkan banyak customer yang tertarik untuk membeli produk yang akan kita promosikan. Berikut ada sedikit tips yang sangat essensial dari saya

1. Ketahuilah Secara Mendalam Produk yang akan Diaffiliasikan

Banyak sekali para affiliator baru, sama sekali tidak mengetahui secara mendalam mengenai produk yang  mereka affiliasikan. Kebanyakan dari mereka, justru hanya berfokus memikirkan komisi yang didapat dari produk tersebut tanpa ada effort tertentu dalam mencapainya. Hal ini justru sangatlah salah besar, Tujuan utama dari program affiliasi adalah untuk mempromosikan produk tersebut dan menjawab semua keraguan para customer sebelum membeli produk tersebut secara online, itulah sebabnya namanya affiliasi marketing.

Kita sebagai affiliator harus bisa mempromosikan kepada pembaca apa kelebihan dari produk tersebut dan membantu mereka dalam memberikan informasi yang gamblang dan informative agar menghilangkan keraguan mereka sebelum membeli barang tersebut. Kita harus bisa meyakinkan mereka bahwa mengapa produk yang kita promosikan sangat cocok sekali untuk mereka. Karena pada dasarnya, semua orang yang akan membeli suatu produk ingin sekali mendengar pendapat orang lain yang telah terlebih dahulu mencoba / mengetahui produk tersebut sebelum mereka membeli. Untuk contohnya, saya telah membuat sebuah postingan affiliasi yang mempromosikan sebuah produk VPS Hosting yang sebelumnya sudah pernah saya coba, disitu saya bagikan pengalaman saya selama berlangganan dilayanan tersebut, yang lengkap dengan bukti kecepatan server saya, uptime, dan fitur-fitur menarik yang saya dapatkan selama berlangganan disana. Klik disini untuk melihat postingan affiliasi saya. Sekedar info, dari postingan tersebut, saya sudah mendapatkan 16 pelanggan aktif yang telah mendaftar dari link affiliasi saya.

2. Buatlah Konten Original, Bukan Kopas dari Website Induk

Matt Cutts (kepala webspam google), telah menyarankan kepada para affiliator, agar membuat konten yang unik, original, engaging, dan informative dalam mempromosikan produk yang akan diaffiliasikan. Karena dilapangan, sering sekali ditemukan postingan dari para affiliator yang merupakan konten duplicate yang di kopi paste dari website induk produk tersebut, bahkan isi kontennya sering tidak bermakna dan bernilai rendah dimata google, sehingga pada akhirnya konten tersebut terkena amukan google panda dan kena deindex oleh google. Sebagai seorang affiliator, selalulah berpegang teguh dalam membantu customer untuk mencari informasi menarik mengenai produk yang kita promosikan, bukan hanya sekedar membantu menjual.

3. Bangunlah SEO Untuk Blog / Website Anda

SEO merupakan faktor yang sangat penting dalam kesuksesan bisnis affiliasi anda. Dengan membangun SEO onpage dan SEO Offpage yang baik,  Blog / website anda akan memiliki banyak trafik organik yang stabil yang akan memungkinkan lebih banyaknya terklik link affiliasi anda sehingga membuat peluang terjualnya barang yang anda promosikan juga akan lebih tinggi.

Baca Juga : Cara membangun Backlink yang berkualitas (whitehat)

4. Jangan Terlalu Banyak Ikut Program Affiliasi

Fokuslah kebeberapa produk yang ingin anda promosikan, jangan terlalu banyak mengikuti program affiliasi agar kita bisa lebih fokus dalam mengevaluasi kesuksesan dari program affiliasi yang telah dijalankan. Selalu evaluasi  keefektifan postingan konten promosi, jumlah link affiliasi yang terklik, berapa konversi dari total klik, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk selalu update selalu konten promosi anda kearah yang lebih baik, dan update selalu kode promosi diskon yang dapat menarik lebih banyak jumlah pelanggan yang akan membeli produk yang anda promosikan.

Baca Juga : Keuntungan Memiliki Toko Online Sendiri

Leave a Reply