4 plugin terbaik untuk meningkatkan keamanan blog WordPress

Sebenarnya wordpress merupakan platform yang dibangun dengan keamanan framework yang baik, itulah sebabnya ia digunakan oleh jutaan blogger diseluruh dunia. Namun, mengingat banyaknya kejahatan di dunia maya saat ini atau yang sering kita sebut dengan cyber crime, maka basic security yang tertanam di platform blog wordpress selfhosting tentu tidak akan cukup untuk melindungi blog wordpress sobat, apalagi blog sobat telah memiliki visitor yang lumayan banyak. Oleh sebab itulah, dibutuhkan plugin tambahan untuk meningkatkan keamanan blog wordpress yang sobat cintai. itulah sebabnya kenapa Membangun kemanan blog wordpress juga sama pentinganya dengan membangun SEO Onpage. Berikut 5 plugin security yang terbaik versi saya.

Wordfence Security Plugin

wordfence-plugin-keamanan

Wordfence adalah security plugin yang paling banyak diinstall di wordpress.org, dengan instaler aktif mencapai 1,7 juta website dengan rating 4,9 out of 5. Saya sendiri adalah pengguna dari wordfence dan secara pribadi sangat membantu saya dalam memonitoring keamanan blog wordpress kesayangan saya ini.  Wordfence juga tersedia dalam versi pro, namun saya sendiri hanya menggunakan free saja, karena yang gratisan aja udah bagus banget apalagi yang pro hehe. Berikut beberapa fitur yang dapat dinikmati jika menginstal plugin security wordfence ini :

  • Log In security – dengan fitur ini sobat bisa menyetel berapa kali kesalahan log in attempt dari sebuah ip,  menyediakan data monitoring nama username yang telah dicoba untuk masuk ke wordpress sobat beserta ip addressnya, Dan dapat memberi alert ke email apabila telah log in sebuah ip mencurigakan.
  • WordPress FireWall – fitur ini dapat memblok bot-bot jahat (fake google bot), mencegah upaya hacker dalam menscan blow wordpress, dan menghalangi visitor dalam menginjeksi software spam, atau software jahat lainnya.
  • Security Scanning – Scanning dari wordfence dapat menscan dan mengamankan blogwordpress dari 44.000 jenis mallware, code mencurigakan, trojan, dan heuristics of backdoors
  • Compatible with IPv6 – wordfence telah compatible dengan IPv6, jadi tidak usah takut dan ragu bagi sobat yang menggunakan IPv6
  • Dan masih banyak lagi fitur yang menarik dari plug in satu ini

Bagi teman yang tertarik menginstal plugin ini bisa didownload disini

ITheme Security Plugin

plugin-keamanan-itheme

ITheme ( sebelumnya Better WP security) adalah salah satu security plugin yang cukup terkenal di wordpress plugin dengan aktif install sebanyak 700.000 + aktif instal dengan rating pengguna sebesar 4,7 of 5.  Itheme sangatlah user friendly untuk digunkakan. ITheme menawarkan 30 metode untuk mengamankan dan memonitor wordpress sobat.

Keunggulan dari Itheme adalah ia dapat menscan seluruh blog, selalu memberi warning apabila ada celah yang rentan terkena hack atau terserang virus dalam file blog wordpress, dan secara otomatis dapat memusnahkan file yang mencurigakan seperti virus dan mallware. Itheme juga dapat membanned IP yang mencoba untuk melakukan bruteforce attacks. Kekurangannya dari plugin lain adalah adalah ia tidak memiliki fitur GEO Ip banning. Bagi yang tertarik untuk mengintal Itheme plugin dapat didownload disini : Itheme Download Plugin

All in One WP Security Plugin and FireWall

plugin-security-all-in-one

All in one adalah plugin wordpress security yang sangat mudah digunakan sekaligus memiliki support yang baik karena ia memiliki forum untuk semua penggunanya. All in One WP Security saat ini mempunyai 300.000+ active install dengan rating 4,8 0f 5. Hal yang lebih menonjol dari plugin ini adalah ia memiliki fitur firewall yang lebih lengkap, mempunyai fitur wp-config & htaccess backup, dan comment spam security. Berikut detail lengkapnya mengenai fitur dan layanan yang ada pada plugin All in One WP Security.

  • User Account & login Security : Fitur ini dapat mendeteksi nama username yang mudah terdeteksi oleh hacker dan menggantinya secara otomatis dengan username yang lebih aman untuk anda, dapat memberikan tools untuk membuat password yang lebih kuat, langsung mengunci ip adress yang mencoba login dengan username yang salah, mencegah brute force login, mampu menambahkan fitur captcha untuk login form, dan mempunyai fitur whitelist ip adress sehingga dapat mencegah login dari ip adress lainnya.
  • Database Security – mengamankan database blog wordpress anda dengan membuat jadwal backup database secara otomatis, membuat email notifikasi backup dan juga membuat instan backup dengan hanya satu klik saja
  • Htaccess dan Wp-config backup – bisa membackup file wp-config dan htaccess original dengan mudah hanya dengan beberapa klik di dashboard Wp anda
  • File System Security – Dengan file system security dari all in one security plugin, anda dapat membuat file wordpress mana saja yang terkunci dengan password dan juga dapat mengunci file PHP agar tidak bisa diedit oleh orang lain.
  • Firewall – Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, Plugin ini memiliki fitur firewall yang lebih advance dibandingkan plugin lainnya. ia bisa memblok fake google bot, blok akses ke debug log file, mencegah komentar dengan proxy, disable trace and track, mempunyai fitur 5G blacklist, bisa mencegah foto hotlink yang diambil oleh website lain, Deny bad or malicious query strings, dan lain sebagainya.
  • Anti Copy Paste –  Fitur ini dapat mencegah klik kanan pada website sobat, sehingga para pengunjung website anda tidak dapat melakukan copy paste dari konten original yang telah capek-capek anda buat.
  • Comment SPAM Security dan Scanner : dengan fitur ini, anda tidak perlu lagi untuk menginstal plugin askismet, dan juga ia telah dilengkapi schedule wordpress scanner agar wordpress anda tetap selalu bersih dari berbagai macam virus, mallware dan lain sebagainya. Download All In One Security

Sucuri Security Plugin

sucuri-security-plugin

Jika sobat lebih berfokus pada scanner mallware dan virus, maka plugin ini sangatlah cocok untuk sobat. Saat ini sucuri telah memiliki 200.000+ dan memilik  rating sebesar 4,7 of 5. Fitur yang ditawarkan sucuri mencakup security activity auditing, file integrity monitoring, malware scanning, blacklist monitoring, and website firewall. It incorporates various blacklist engines including Google Safe Browsing, Sucuri Labs, Norton, McAfee Site Advisor and more to check your website. Ia juga dapat memberikan warning via email apabila terjadi sesuatu yang mencurigakan atau terdapat beberapa file firus / mallware didalam blog wordpress sobat.

Kelebih dari sucuri adalah ia telah dilengkapi dengan fitur keamanan DDOS attack defense basic, brute force attack dan firewall. Sucuri juga menawarkan sucuri pro agar dapat menikmati semua fitur premium seperti layanan support team premium yang dapat mengontrol blog wordpress sobat selama 24 jam penuh. Download Securi Security

Leave a Reply