Cara membuat Website WordPress Selfhosting

Sebelum saya menjelaskan cara membuat website wordpress selfhosting, alangkah baiknya saya menjelaskan keuntungan menggunakan wordpress selfhosting (wordpress.org) ketimbang wordpress gratisan yang akan saya buat perbandingannya dalam sebuah tabel.

Aspek WordPress.org (selfhosting) WordPress.com
Domain Menggunakan domain langsung (lebih profesional) Menggunakan subdomain wordpress (kurang profesional)
Theme Bisa memakai theme yang tak terbatas Theme sangat terbatas
Iklan Bisa dimonetasi sesuka hati Tidak bisa dimonetasi bahkan muncul iklan dari wordpress yang mengganggu
Plugin Mempunyai ribuan plugin yang bisa diinstal sehingga dapat mengoptimalkan performa, dan tampilan website Tidak bisa dipasang plugin sehingga blog hanya monoton saja
TOS TOS Sangat longgar dan diberi kekuasaan penuh dalam mengelola website TOS sangat Ketat dan dapat di banned tanpa Warning terlebih dahulu
Tampilan Biasanya tampilan website dengan wordpress selfhosting sangat menarik dan profesional Tampilan standar

Dari tabel diatas terlihat banyak sekali keuntungan menggunakan web hosting sendiri dan tidak ada salahnya sobat untuk mencobanya. Harga sewa hosting saat ini tidaklah terlalu mahal, dengan uang Rp. 300.000,-   sobat sudah dapat memiliki domain dan hosting space kecil selama satu tahun. Jika nanti blog sobat sukses dan memiliki banyak pengunjung bisa diupgrade kapan saja ke space yang lebih tinggi. baiklah marilah kita mulai tutorial cara membuat website / blog wordpress selfhosting.

Memilih Layanan Jasa Webhosting

Pada saat ini, banyak sekali penyedia layanan webhosting yang tersebar di internet dan persaingan bisnisnya juga semakin ketat, baik didalam negeri maupun di luar negeri. Namun, kualitas setiap penyedia layanan webshosting tidaklah sama. Oleh karena itu diperlukan kejelian sebelum membeli jasa layanan webhosting untuk menghost blog wordpress sobat nanti. Tips memilih layanan hosting biasanya dapat dilihat dari beberapa tolak ukur :

  • Uptime – Uptime adalah lama waktu sebuah server hosting dapat memberikan layanannya kepada pelanggan yang biasanya dapat diukur didalam persentase, misalkan sebuah perusahaan menjanjikan uptime 99,9 % yang artinya server hanya boleh down selama 2 menit perhari.
  • Kecepatan atau kehandalan Server – Ini adalah tolak ukur yang penting, hal ini dapat dilihat dari teknologi server yang mereka gunakan seperti procecor server, SSD, RAM, dan lain sebagainya
  • Harga & Review – Saya sangat menyarankan sobat sekalian untuk membaca postingan ini supaya lebih mengetahui review lengkap dan harga promosi untuk tiap-tiap hosting provider.
  • Customer service – Customer service adalah salah satu poin yang harus ditelaah karena customer servicelah yang akan membantu sobat apabila nanti ada masalah yang dihadapi terhadap website sobat. Untuk mencari tahu kualitas customer service suatu jasa layanan hosting, sobat bisa mencari tahu dari review pengalaman orang yang sedang / telah menghost websitenya pada sebuah jasa layanan.

Menginstal WordPress di Cpanel

Ketika sobat telah menentukan jasa layanan hosting, maka saya sarankan bagi pemula, untuk membeli paket shared hosting terlebih dahulu karena harganya lebih murah dan traffic awal blog yang masih sangat kecil. Setelah membeli sebuah paket shared hosting, maka sobat akan diberi detail log in ke Cpanel yang biasanya bisa diakses melalui namadomainanda.com/cpanel. setelah log in ke cpanel maka tampilannya akan seperti gambar dibawah.

cara-install-wordpress-di-cpanel

nah setelah sampai ke tahap ini, maka kita tinggal install aplikasi wordpressnya. ada dua cara menginstal wordpress di cpanel shared hosting.

1.Install WordPress Dengan Softaculous

Jika cpanel sobat telah dilengkapi dengan softaculous, maka tinggal scrool kebawah sampai menemukan tulisan softaculous apps installer dan kemudian klik lambang wordpress seperti gambar dibawah.

cara-install-wordpress-softaculous

Setelah diklik maka akan muncul tampilan form seperti gambar dibawah

wordpress-install-softaculous2

Silahkan sobat isi form diatas dengan benar kemudian klik install apabila semua form telah terisi dengan benar, Tunggu beberapa saat sampai instalasi wordpressnya selesai. Setelah itu website wordpress sobat siap untuk digunakan. khusus untuk protocol, sobat bisa memilih antara www. atau tanpa www.

2.Install WordPress Dengan Fantastico

Jika Cpanel sobat tidak dilengkapi dengan softaculous, maka bisa menginstall wordpress dengan fantastico. Untuk lebih lengkapnya lihat gambar dibawah.

intall-wprdpress-dengan-fantastico

Silahkan klik fantastico De Luxe seperti tanda panah diatas, kemudian tampilannya akan berubah seperti gambar dibawah.

Install-wordpress-dengan-Fantastico-2

Setelah muncul seperti gambar diatas, klik wordpress dan klik install. kemudian sobat akan disuguhkan form penginstalan wordpress seperti yang telah saya jelaskan di bagian install wordpress dengan softaculous diatas. Setelah semua form terisi silahkan klik install dan tunggu beberapa saat sampai instalasi selesai, setelah itu blog sobat siap untuk digunakan.

Akses Panel WordPress Admin

untuk mengakses panel admin wordpress maka dapat diakses melalui  namadomainanda.com/wp-admin silahkan masukan username dan password sesuai dengan yang diisi pada saat pengisian form instalasi wordpress.

dashboard-admin-wordpress

Setelah masuk dashboard maka blog wordpress sobat sudah jadi dan siap untuk disetting, install theme, install plugin dan update post. Untuk rekomendasi theme premium yang gratis dapat dilihat di link ini : 10 Theme WordPress keren dan responsive

Happy blogging ya sobat 🙂

 

Leave a Reply