Cara memindahkan akun email cpanel Hosting lama

Jika sobat sedang migrasi dari sebuah hosting yang lama ke hosting yang baru, maka janganlah lupa untuk memindahkan akun email yang telah dibuat. Banyak tutorial yang membahas tentang cara migrasi hosting. namun, jarang membahas mengenai pemindahan akun email ini. Pemindahan akun email ini bertujuan agar semua data-data email dan history webmail tidak hilang. Oleh karena itu, melalui postingan ini saya akan menjelaskan mengenai tutorial pemindahan akun email dari cpanel hosting lama ke hosting yang baru.

Langkah pertama : silahkan login ke Cpanel hosting yang baru dan buat akun email dan password yang persis sama dengan akun email di Cpanel hosting lama.

Contoh :

di akun Cpanel hosting lama saya buat email : admin@dosenhosting.com  dengan password : 12345
di akun Cpanel hosting baru, saya harus buat akun email : admin@dosenhosting.com  dengan password : 12345

Langkah Kedua : Login ke Cpanel hosting lama, Masuk ke file manager > home > klik mail > klik folder akun email, untuk lebih jelasnya silahkan lihat screenshoot dibawah.

pindah-webmail

Setelah masuk ke folder mail, silahkan masuk ke folder akun email seperti yang terlihat pada screenshoot dibawah

pindah-webmail-cpanel

Langkah keempat : setelah masuk ke folder akun email, maka silahkan backup semua data yang ada didalam akun email tersebut dengan mengklik select all > compress. Lihat gambar dibawah untuk dokumentasi jelasnya.

pindah-webmail-cpanel-2

setelah file zip muncul, download file zip tersebut dan tunggu sampai file tersebut selesai terdownload.

Langkah kelima : Login ke cpanel hosting baru, kemudian upload file zip yang telah di download tadi, persis ditempat folder dimana kita mendownloadnya di hosting yang lama. (file manager > home > klik mail > klik folder akun email)

Langkah keenam : Setelah selesai mengupload file zip tadi, silahkan extract file zip tersebut dan overwrite semua data yang ada di dalam folder akun email cpanel yang baru tersebut.

setelah sampai tahap keenam, maka semua tugas untuk memindahkan email hosting telah selesai. Namun, terkadang webmail di hosting yang baru, biasanya baru bisa berfungsi beberapa jam setelah name server hosting dipindahkan. Jika masih ada yang ragu / ada yang ingin ditanyakan, silahkan tulis komentar dibawah artikel ini. Terima kasih

Baca Juga : Plugin Slider gratis terbaik untuk pengguna wordpress

Leave a Reply