Daftar Plugin yang Dapat Meningkatkan Performa blog WordPress

Dalam mengelola sebuah blog wordpress, kita tidaklah  harus terlalu berfokus pada meningkatkan traffic saja, namun juga harus memerhatikan performa blog wordpress untuk meningkatkan user experience setiap pengunjung yang datang.  Dalam meningkatkan performa sebuah blog wordpress, ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan yang terdiri dari SPAM Filter, kecepatan website, keteraturan gambar, keamanan, pengaturan page 404, kerapian  & style dari artikel, struktur email subscriber dan lain sebagainya.  oleh karena itu, diperlukan plugin tambahan yang dapat meningkatkan kenyamanan bagi semua visitor yang datang. Berikut adalah daftar plugin yang saya rekomendasikan secara pribadi.

TinyMCE WordPress Plugin

TinyMCE plugin dapat memudahkan penulis artikel di blog wordpress dalam mengatur style artikel yang sedang ditulis. Plugin ini secara otomatis akan menambahkan beberapa fitur penulisan seperti

  • undo & redo.
  • memudahkan dalam membuat tabel tanpa harus membuat kode HTML secara manual.
  • emoticon.
  • Tag baca lebih lanjut.
  • layar penuh.
  • mempunyai fitur seting font family dan font size
  • Menambahkan fitur formating yang lebih lengkap
  • Adanya fitur pemisah laman
  • dan lain sebagainya

TinyMCE plugin merupakan plugin yang saat ini memiliki lebih dari 1 juta aktif install dan sangat membantu sekali bagi semua blogger dalam proses penulisan sebuah artikel di blog wordpressnya.

Download TinyMCE

Akismet

Para SPAMMER merupakan sebuah malapetaka sendiri dalam dunia internet dan banyak meresahkan para blogger pada umumnya.  Blog dosenhosting.com saya ini, yang baru berumur  satu bulan saja, telah memiliki lebih dari 30 komentar spam yang memiliki hyperlink tinggi terdiri dari spam dari website porno, spam dari website file bajakan dan spam dari website obat kuat. Hal ini sungguh membuat saya menjadi jengkel dibuatnya. Oleh karena itu, saya memasang sebuah plugin yang secara otomatis dapat menfilter komentar spam berdasarkan relevansi bahasa, tingkat ketinggian hyperlink dan relevansi topik dari komentar tersebut. Plugin yang saya gunakan adalah plugin akismet, plugin ini tidak hanya dapat membuat blog sobat menjadi lebih profesional karena terbebas dari SPAM, namun juga dapat melindungi SEO blog sobat.

Download Askimet

Wordfence Security Plugin

Walaupun platform wordpress selfhosting telah memiliki keamanan dasar yang telah tertanam. Namun, hal tersebut tidaklah cukup untuk mengamankan blog wordpress sobat, mengingat maraknya para hacker yang bertebaran di dunia internet. Untuk itulah dibutuhkan plugin security yang lebih advance mengamankan blog wordpress sobat yang meliputi scanning, login security, firewall, mencegah injeksi malware, virus, fake google bot dan lain sebagainya. Untuk penjelasan lebih lengkapnya dapat dilihat pada link berikut : 4 Plugin Security WordPress Terbaik

Download Plugin Wordfence

W3 Total Cache Plugin

Kecepatan loading sebuah blog adalah salah satu poin user experience yang sangat esensial untuk diperhatikan. Coba sobat bayangkan, bagaimana para pembaca blog sobat akan betah jika blog sobat memiliki loading yang sangat lambat. Selain itu, blog yang memiliki kecepatan loading yang lambat akan secara otomatis memiliki bounce rate yang sangat rendah karena mayoritas para pembaca akan malas membuka artikel yang lain dan secepatnya menghentikan sesinya sebagai pembaca. Nah disinilah peran dari W3 Total Cache plugin ini, ia akan membuat page HTML statik atau membuat “Static file” di cache folder sehingga ketika di akses oleh bot crawler dan para visitor maka loadingnya menjadi lebih cepat.

Download W3 Total Cache

Lightbox 2 Plugin

Dalam membuat sebuah artikel sering sekali para penulis meletakan sebuah gambar didalam artikel agar dapat lebih mudah dipahami oleh pembaca. Terkadang gambar yang ditarok di artikel tersebut perlu untuk diperbesar agar dapat dilihat dengan lebih jelas. Namun, dalam standard wordpress, setiap gambar yang diklik untuk diperbesar akan dilarikan ke page lain sehingga akan membuat para pembaca artikel agak sedikit kerepotan karena harus merubah page terlebih dahulu sebelum memperbesar gambar. Jika sobat memasang plugin ini lightbox ini, maka gambar bisa diperbesar tanpa harus beralih pada page lain. Selain itu, plugin ini juga akan menciptakan sebuah frame gambar responsive  cantik sehingga dapat meningkatkan nilai profesionalitas dari blog wordpress sobat.

Email Subscribers Plugin

Jika blog sobat memiliki artikel-artikel yang engaging, unik, informatif dan memiliki ilmu pengetahuan, maka hari demi hari blog sobat akan semakin banyak memiliki fans tersendiri. Oleh karena itu, dibutuhkan plugin tambahan untuk menjaring para fans ini agar mereka tidak perlu capek-capek membuka blog sobat terlebih dahulu untuk memastikan apakah sudah ada artikel terbaru dari blog sobat. Selain itu, email subscriber ini juga dapat membangun relasi tersendiri dengan para fans agar selalu update dan mendapatkan info terbaru mengenai blog sobat yang akan terkirim kepada email mereka masing-masing.

Download Email Subscribers Plugin

Smart 404 Plugin

Jika seorang visitor mengeklik sebuah broken link atau page 404 yang tidak memiliki konten sama sekali. Maka yang terlintas di pikirannya adalah blog sobat mungkin sedang down, blognya telah mati, domain expired dan lain sebagainya. Untuk mencegah hal ini, diperlukan plugin untuk membawanya ke halaman yang lain berdasarkan keyword url yang salah ketik tersebut. saya lebih merekomendasikan smart 404 plugin dari pada redirect to homepage. karena smart 404 dapat lebih membantu visitor untuk mencari artikel yang mereka  inginkan berdasarkan keyword url yang salah ketik tersebut.

Download Smart 404

 

Baca Juga : Trik Jitu Sebelum Apply Google Adsense

One Response

  1. GalleySold 31 Desember 2016

Leave a Reply