Tips Sukses Bagi Blogger Pemula Yang Menggunakan Blogspot

kunci-sukses-blogspot

Jika sobat telah memantapkan hati untuk menjadi seorang blogger, dan memilih platform gratis dari blogspot sebagai media hostingnya, maka ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu sebagai langkah awal agar blog yang akan sobat bangun dapat meraih kesuksesan & memiliki banyak trafik dimasa yang akan datang. Berikut sedikit tips dan saran dari saya pribadi khusus blogger pemula yang menggunakan platform blogspot.

Gunakan Custom Domain Sendiri

Sobat boleh saja menggunakan hosting gratis dari blogger (blogspot). Namun untuk masalah domain, saya sangat menyarankan sekali untuk membeli domain sendiri seperti .com .net .org .id dll. Banyak sekali keuntungan jika memiliki domain sendiri yaitu meningkatkan profesionalitas dari blog. Coba kita nilai sendiri,  domain mana yang lebih profesional dosenhosting.blogspot.com atau dosenhosting.com ? Tentu yang dosenhosting.com yang lebih profesional.

Tidak hanya profesional, namun custom domain sendiri dapat memberi keamanan ekstra untuk blog blogspot yang digunakan, karena platform blogger memiliki TOS yang sangat ketat dan mereka tidak akan segan-segan menghapus blog yang melanggar sedikit saja TOS mereka, termasuk blog yang telah memiliki trafik tinggi tanpa ada notifikasi terlebih dahulu. Kejadian ini telah dialami oleh banyak blogger seperti cara-ririn.com. Jika blog sobat dihapus tanpa menggunakan domain sendiri, artinya blog yang telah dibangun tersebut akan kehilangan semua trafik dan pengorbanan selama ini akan menjadi sia-sia. Namun sebaliknya, jika sobat menggunakan domain sendiri, ketika blog tersebut dihapus oleh google, maka sobat bisa mengalihkan dan mengimport backup-an blogspot tersebut ke wordpress selfhosting  sehingga blog tersebut tidak kehilangan trafik dan juga semua kontennya.

Klik disini untuk membeli domain murah

Gunakan Desain Template Yang Menarik & Mobile Responsive

Desain template blogger yang menarik dan responsive tidak hanya meningkatkan nilai profesionalitas dari blog tersebut, tetapi juga akan meningkatkan user experience dan merendahkan tingkat bouncerate. Bouncerate adalah persentase pengunjung yang meninggalkan blog dengan hanya membuka 1 laman saja. Misalkan ada seorang pengunjung yang menemukan sebuah artikel blog anda di google, setelah masuk dan membaca artikel tersebut, pengujung itu langsung keluar tanpa ada mengklik laman lain di blog sobat. Semakin rendah tingkat bouncerate maka keuntungan dari iklan adsense juga akan semakin besar, dan juga akan mendapatkan appresiasi tersendiri dari google.

Tentukan Niche Blog dengan Riset Keyword

Sebelum membangun sebuah blog, kita harus menentukan terlebih dahulu niche blog yang akan kita bangun. Carilah niche blog yang banyak dicari oleh orang. Untuk memilih sebuah niche yang tepat, lakukanlah beberapa keyword riset agar mengetahui volume trafik / bulan dari niche tersebut, dan juga persaingannya. Riset Keyword ini juga dapat memberikan arah kedepan dan target yang akan dicapai dimasa yang akan datang.

Baca Juga : Cara Melakukan Keyword Riset

Buatlah Artikel dan Konten Yang Menarik

Konten merupakan sebuah inti pokok dari sebuah blog, tanpa konten yang baik maka usaha dalam membangun blog akan menjadi sia-sia. Buatlah artikel yang menarik, unik, engaging dan informatif tanpa ada sedikit kopi paste dari artikel orang lain.  Dengan konten yang baik,  sobat akan mendapatkan banyak sekali email subscriber, rss subscriber, facebook like atau visitor langganan yang selalu setia membaca artikel terbaru dari blog sobat. Selain itu, dengan membuat artikel original dan berkualitas, berarti sobat telah terhindar dari amukan google panda yang merupakan polisi ganas di mesin pencari google yang tidak akan segan-segan menendang blog-blog kopas dan tidak berkualitas dari mesin pencari.

Bangun Search Engine Optimization

Indikasi kesuksesan dari sebuah  blog adalah memiliki trafik yang banyak terutama dari mesin pencari, Untuk mencapai hal tersebut maka kita harus melakukan upaya SEO agar blog yang kita miliki dapat terlihat dengan baik di google dan Bing. SEO terbagi menjadi dua Yaitu SEO Onpage dan SEO Offpage. Untuk lebih lengkapnya, silahkan membaca 2 artikel dibawah agar lebih mudah dipahami.

SEO Onpage untuk Platform Blogger Dari Blog Mas Sugeng

Tips Membangun Backlink Berkualitas (SEO Offpage)

Latihlah Kesabaran Dalam Membangun Blog

Tips ini merupakan hal yang sangat esensial untuk diterapkan, Saya ingin menekankan bahwa mencari uang dari sebuah blog bukanlah sama seperti mencari uang dari jualan gorengan (buat gorengan hari ini dan hari itu langsung mendapatkan untung). Menghasilkan uang dari sebuah blog sangat membutuhkan kesabaran, ketekunan, dan konsistensi yang kuat, karena untuk mencapai hal tersebut membutuhkan waktu hingga berbulan bulan bahkan hingga bertahun-tahun. Bagi sobat yang masih baru dalam dunia blogging, disarankan untuk tidak memikirkan uang terlebih dahulu, melainkan menumbuhkan passion dan kecintaannya dengan blog sendiri agar kelak dapat menghasilkan kesuksesan dari blog yang telah susah payah dibangun tersebut.

Baca Juga : Cara saya mendapatkan 100 $ dari iklan popads

 

 

 

Leave a Reply