Trik Jitu agar diterima menjadi publisher oleh google adsense

Pada era sekarang ini, Perkembangan teknologi informasi sangatlah berkembang pesat, hal ini juga diiringi dengan meningkatkan jumlah blogger baru dari seluruh penjuru dunia. Oleh sebab itulah, mendapatkan approval dari google adsense bukanlah merupakan perkara gampang. Adsense semakin hari semakin selektif dan ketat dalam menyeleksi calon – calon blog yang akan menjadi rekan publisher mereka. Untuk itulah diperlukan persiapan yang matang dari jauh hari sebelum mengajukan lamaran sebagai publisher di google adsense. Berikut saya akan menjelaskan trik jitu untuk agar diterima menjadi partner publisher oleh google adsense.

Tidak Berisi konten Berhak Cipta baik text, video, dan gambar

Masalah hak cipta atau copyright merupakan hal pertama yang harus diperhatikan. Banyak Sekali blogger yang tidak menyadari hal tersebut, contoh kasus yang sering saya temui adalah banyak blogger yang malas membuat gambar sendiri dan mengambilnya dari google image, bahkan mereka tidak mempedulikan bahwa gambar yang mereka ambil tersebut memiliki hak cipta. Selain itu, sangatlah ditekankan untuk tidak sedikitpun mengkopas konten milik orang lain, karena hal itu tidak hanya mengakibatkan blog sobat akan ditolak adsense namun juga berbahaya untuk SEO blog kedepannya. Oleh karena itulah, pastikan semua blog sobat tidak memiliki konten berhak cipta milik orang lain agar melancarkan proses penyeleksian dari google adsense nantinya.

Mempunyai Konten yang Mengikuti TOS Google Adsense

Sebelum apply blog ke google adsense, pastikan bahwa konten blog sobat telah mengikuti TOS dari google adsense. Jika sobat mempunyai blog yang berkonten dewasa, gambling, sex toys, illegal download, tutorial hacking, wallpaper berhak cipta dan lain sebagainya, maka akan dipastikan blog sobat tidak akan diterima oleh google. Namun google memberikan pengecualian bagi konten dewasa yang bersifat edukasi. Hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah jangan pernah sekali kali mencoba untuk membuat external link dari blog sobat ke website illegal seperti yang saya jelaskan diatas karena hal tersebut akan membuat pengajuan blog sobat akan ditolak.

Blog Kaya akan Konten

Pastikan blog sobat memiliki banyak konten menarik agar bisa di review oleh tim google adsense karena mereka sangatlah memberikan nilai yang sangat besar terhadap konten sebuah blog dalam menyeleksi calon publisher mereka. Pastikan semua gramar dan ejaan konten telah benar. Selain itu artikel yang dipublikasikan harus mudah dimengerti dan mempunyai nilai pengetahuan atau informasi bagi pembaca blog sobat.

Mengenai berapa jumlah minimal blog post, pihak google sama sekali tidak memberikan pernyataan mengenai hal tersebut. Namun, saya pribadi menyarankan sekitar 40-50 post sudah cukup. Yang terpenting adalah kontennya original, sangat informatif, bernilai, dan tidak asal-asalan.

Buat Page Tentang Privacy Policy

Sejujurnya tips ini saya temukan dari para senior webmaster di reddit dan forum wjunction.com, berdasarkan pengalaman mereka blog yang mempunyai page privacy policy lebih cepat di approve  oleh google dibandingkan yang tidak. Nyatakanlah didalam page privacy policy blog sobat mengenai cookies dan web beacon yang digunakan, mekanisme sistem log file, dan Jangan lupa untuk menyatakan kepada pembaca bahwa data log file dari para visitor tidak akan bocor atau di jual ke pihak ketiga.

Sebuah privacy policy yang baik juga memberikan gambaran tentang apa yang akan didapatkan pembaca dari blog sobat. Jadi intinya privacy policy ini mempunyai maksud untuk menyatakan bahwa blog sobat bukanlah blog scam sekaligus dapat memberikan makna profesionalitas dalam menjalankan sebuah blog.

Membuat About Page atau About Us

About page atau about us adalah spesial page yang bertujuan untuk menjelaskan secara gamblang tentang blog sobat, baik itu niche, isi konten, tentang penulis dan lain sebagainya.  Jangan lupa untuk mencatumkan contact person sobat berupa nama lengkap dan email agar memudahkan tim google adsense dalam proses Verifikasi data, sehingga tim adsense reviewer dapat dengan mudah memastikan bahwa data sipelamar ke google adsense cocok dengan data si pemilik blog.

Tidak Memasang Provider Iklan Network lain ketika apply

Jika blog sobat sedang dipasang iklan dari provider lain seperti propeller, chitika, revenuehits, popads dan lain-lain, maka pada saat melakukan pengajuan google adsense sebaiknya dicopot semua dan jangan dipasang dulu sampai tim dari google adsense membalas pengajuan sobat. Walaupun, dalam TOS mereka membolehkan iklan google adsense dicampur dengan iklan lain. Namun trik ini hanya untuk berjaga-jaga saja karena biasanya kebanyakan publisher lebih suka kalau iklan dari networknya saja yang terpasang di sebuah blog.

Buatlah Desain Blog yang Profesional

Selain dari konten, adsense sangatlah pay attention terhadap tampilan sebuah blog. Pastikan desain blog sobat tidak berantakan, tertata dengan rapi, mempunyai navigasi yang baik, mempunyai letak gambar yang teratur, dan mempunyai theme yang responsive. Desain yang menarik, bersih dan tertata rapi sangatlah diapresiasi  dan memiliki nilai pertimbangan tersendiri oleh tim reviewer google adsense. Bagi yang belum memiliki theme atau template yang bagus dan responsive, sobat bisa mendapatkannya dengan gratis pada link dibawah :

Theme wordpress gratis dan Responsive

10 Template blogger terbaik dan Responsive

Jangan Gunakan Paid Traffic

Seperti yang kita ketahui banyak sekali jasa paid traffic yang tersebar di internet. Sebenarnya traffic yang mereka kirimkan adalah fake traffic dan justru lebih banyak ruginya dari pada untungnya. Saya sangat menyarankan kepada sobat agar jangan sekali-kali menggunakan jasa yang semacam ini. Karena hal tersebut tidak hanya membuat blog sobat ditolak oleh google adsense tetapi juga akan mendapatkan bonus penalty dari google penguin sehingga SEO yang telah dibangun selama ini akan hancur lebur dibuatnya. Selain paid traffic, Usahakan untuk tidak mendapatkan traffik dari website illegal seperti website porno, gambling, sex toys, illegal download, tutorial hacking, wallpaper berhak cipta dan lain sebagainya.

Demikianlah beberapa tips dan trik jitu agar diterima sebagai publisher di google adsense. Saya berharap blog sobat bakalan diterima oleh pihak adsense dan segera menikmati keuntungan dari blognya masing-masing. Amiiin 🙂

3 Comments

  1. Doa meminta rezeki 4 April 2016
    • admin 4 April 2016
  2. adsense 28 Mei 2016

Leave a Reply