Review Bluehost : Hosting Terbaik Bagi Pengguna WordPress

Didirikan pada tahun 1996 di Utah Amerika Serikat, Bluehost.com merupakan 20 perusahaan hosting terbesar di dunia, Bluehost menyatakan dirinya adalah hosting terbaik bagi pengguna wordpress dikarenakan ia memiliki lisensi partner resmi dari wordpress.org sejak tahun 2005. bahkan mereka juga menawarkan fitur optimasi wordpress langsung yang bekerja sama langsung dengan wordpress.org.  Saat ini bluehost telah mempunyai lebih dari dua juta website yang di host di server mereka.

Keuntungan Menggunakan Bluehost

Banyak sekali yang bisa sobat dapatkan jika menggunakan bluehost sebagai hosting blog sobat diantanya adalah :

  • Bluehost Webmail – Fitur Bluehost webmail sangat berbeda dengan webmail pada hosting lainnya, dengan bluehost webmail sobat bisa membuat email dengan nama domain sobat unlimited dan sekaligus memiliki kesempatan untuk mensetting autoresponder. Selain itu, bluehost webmail memiliki fitur untuk memudahkan  fordward ke akun gmail, yahoo dan lain lain.
  • Sangat praktis dengan fitur one click install – tidak hanya wordpress, bluehost juga mempunyai ratusan aplikasi dengan one click install baik itu drupal, joomla dan juga berbagai macam aplikasi ecommerce seperti yang terlihat pada gambar dibawah :

fitur-ecommerce-bluehost

  • Partner Resmi dengan wordpress.org – Jika sobat pengguna wordpress, maka bluehost memang cocok untuk sobat. Tidak hanya memiliki partner resmi dengan wordpress.org mereka juga menyediakan paket khusus yang benar benar khusus untuk optimasi wordpress yang dibandrol dengan harga 12 $ saja.
  • Memiliki Backup option – Dengan fitur ini sobat tidak perlu lagi untuk membackup semua data blog sobat secara manual karena ia telah memiliki fitur aplikasi backup secara otomatis dengan full option agar meningkatkan keamanan dan kenyamanan sobat dalam menjalankan blog atau website.
  • Tutorial & Support Lengkap – Tutorial Hosting bluehost sangatlah lengkap yang dilengkapi dengan FAQ yang mumpuni, video tutorial dan customer service 24 jam yang senantiasa melayani semua customernya.
  • Money Back Guarantee – Jika sobat berhenti sebelum 30 hari, maka uang sobat akan dikembalikan sebesar 100 % oleh pihak bluehost, jika sobat berhenti berlangganan setelah 30 hari maka uang sobat tetap akan dikembalikan setara dengan beberapa bulan yang belum terpakai.

Spesifikasi Server Bluehost

Bluehost.com mempunyai dan mengoperasikan data center sendiri di daerah utah amerika serikat. Semua data center bluehost dilengkapi dengan UPS, generator diesel berlebih, dan beberapa sambungan fiber 10 gigabit yang menghubungkan data center dengan lokasi di seluruh dunia. Selain itu, Teknisi data center bluehost, termasuk manajemennya, melakukan monitoring data center selama 24 jam penuh agar security, uptime, dan kehandalan server mereka selalu tetap terjaga. Spefikasi server yang digunakan oleh bluehost dapat dibedakan dari 3 paket, yaitu shared hosting, VPS, dan Dedicated Server.

Spesifikasi Shared Hosting Server VPS Server Dedicated Server
Prosesor Kecepatan : 2,4 GHZ

Procecors : 8

Tipe Server :16-Core AMD Opteron

Kecepatan : 2,4 GHZ

Procecors : 4

Tipe Server :16-Core AMD Opteron

Kecepatan : 3,7 GHZ Turbo

Procecors : 1

Tipe Server :16-Core AMD Opteron

Memory Total Memory : 256GB

Slot : 64

Tipe memory :

DDR3-1600 ECC/REG SDRAM

Total Memory : 1 TB

Slot : 32

Tipe memory :

DDR3-1600 ECC/REG SDRAM

Total Memory :

Standard: 4GB, Enhanced: 8GB, Premium: 16GB

Slot : 8

Tipe memory :

1333MHz DDR3 ECC SDRAM

Storage Kapasitas : 64 TB

Interface : SATA 6GB/s

Enterprise Level SSD Database Storage

Kapasitas : 12,8 TB Array

Interface : SATA 6GB/s

Enterprise Level SSD Database Storage

Kapasitas per akun : 2 TB

Interface : SATA 7200 RPM

Enterprise Level SSD Database Storage

Software

dan I/O

CentOS 6
Linux Kernel 2.6.32
Apache Web Server
cPanel 11.42.x
I/O : 8x 1 Gigabit RJ-45
4 Dedicated IPMI LAN ports
CentOS 6
Linux Kernel 2.6.32
Apache Web Server
cPanel 11.42.x
I/O : 2x SFP+ 10 Gigabit ports
2x 1 Gigabit RJ-45
Dedicated IPMI port
CentOS 6
Linux Kernel 2.6.32
Apache Web Server
cPanel 11.42.x
I/O : 2x 1 Gigabit RJ-45
Dedicated IPMI port

Kecepatan dan Uptime Server Bluehost

Dalam menilai kecepatan server yang dimiliki oleh bluehost.com saya mengambil sebuah website gallery photography yang memiliki page size yang cukup tinggi. seperti gambar dibawah :

bluehost-hosted

Dalam mengukur kecepatan website ini saya menggunakan pingdomatic dengan lokasi ping di New York Amerika Serikat, hasil kecepatan yang ia miliki sungguh terbilang cepat bagi website yang berukuran home page size 4,6 MB. berikut hasilnya :

bluehost-speed-test

Hasil load time 1,57 Second untuk pagesized 4,6 MB, tergolong hasil yang sangat cepat dan dapat meninggikan user experience. Untuk uptime server yang dimiliki oleh bluehost, saya mengambil 1 buah sample gambar dari webhostingdrevealed.com yang mengetes secara langsung berapa total uptime dari server bluehost yang diterangkan pada gambar dibawah.

bluehost-uptime

dari hasil gambar diatas menerangkan bahwa rata2 uptime dari bluehost adalah 99,69 % dan dapat dikategorikan cukup baik.

Review Diskon di Bluehost

Dari segi harga,  Bluehost shared hosting di bandrol  dengan harga  $ 3,95 / bulan. jika memilih paket optimasi wordpress, paket termurah hanya dibandrol dengan harga 12,49 US $.  sekarang dengan mengikuti link ini sobat bisa mendapatkan promosi khusus yang ditawarkan oleh Bluehost, setiap pelanggan baru akan menerima diskon sebesar  43% dari harga reguler ditambah gratis 1 domain bagi yang mengambil paket tahunan.

Leave a Reply