Menilik Bagian dan Cara Kerja Jantung

Bagian-Bagian Jantung

Cara kerja jantung dapat dipelajari dengan menilik bagian-bagiannya. Jantung sendiri merupakan salah satu organ vital tubuh yang berada di dalam rongga dada dengan fungsi utama menyuplai darah ke seluruh tubuh. Jantung manusia memiliki berat rata-rata 340 gram pada wanita dan 255 gram pada pria.

Jantung manusia mempunyai 4 ruang, yaitu dua atrium atau serambi dan dua ventrikel atau bilik. Serambi jantung dibedakan menjadi serambi kanan dan serambi kiri. Antara dua serambi jantung ini dipisahkan oleh katup vulvula bikuspidalis. Sementara bilik jantung dibedakan menjadi bilik kanan dan bilik kiri dengan katup valvula trikuspidalis di antara keduanya. Fungsi katup jantung tidak lain seperlu menjaga supaya darah dari bilik tidak kembali lagi ke serambi. Selain itu, ada pula katup valvula serndunaris pada pangkal arteri pulmonalis dan pangkal aorta. Katup berbentuk bulan sabit tersebut berfungsi menjaga darah tidak kembali ke jantung.

Image credit : Wikimedia

Serambi jantung berfungsi sebagai tempat masuknya darah dari pembuluh vena atau pembuluh balik. Tak kalah penting, bilik berfungsi memompa darah dari jantung. Diketahui jantung manusia berdetak kurang lebih sebanyak 100.000 kali tiap harinya. Detak jantung diatur oleh pacu jantung atau peacemaker yang terdapat di serambi kanan. Peacemaker juga berfungsi mengirim informasi elektronik ke otot jantung agar berkontraksi dan menerima informasi dari otak. Sebelum mengulik lebih lanjut tentang cara kerja jantung berikut tiga lapisan yang menyusun jantung:

Image credit : Wikimedia

1. Perikardium

Perikardium adalah membran lapisan paling luar dari jantung. Perikardium membungkus jantung. Di dalam membran terdapat cairan pericardium yang berfungsi untuk mengurangi gesekan ketika berdenyut.

2. Miokardium

Miokardium adalah lapisan otot jantung. Miokardium memiliki fungsi untuk berkontraksi jantung sehingga tetap berdetak.

3.Endokardium

Endokardium adalah lapisan bagian dalam yang berupa selaput. Lapisan ini membatasi ruang jantung.

Cara Kerja Jantung

Cara kerja jantung dikendalikan oleh sistem saraf yang diatur sistem saraf tak sadar di dalam miokardium. Tepatnya ada tiga jenis sistem saraf yang memegang kendali kerja jantung, diantaranya:

1. Keith Flack

Merupakan simpul pada dinding serambi jantung yang berada di antara vena masuk menuju serambi kanan.

2. Nodus Atrioventrikularis

Merupakan simpul yang ada di sekat serambi jantung dengan bilik jantung. Disebut pula simpul Tawara.

3. Berkas His

Merupakan saraf yang ada pada sekat antara bilik jantung. Saat jantung berdenyut, maka setiap ruang pada jantung akan mengendur. Hal ini berakibat pada kondisi distole yakni ruang jantung yang akan terisi oleh darah. Selanjutnya darah akan dipompa keluar saat jantung berkontraksi. Dimana serambi kanan dan kiri akan berelaksasi dan juga berkontraksi dalam waktu bersamaan. Demikian pula yang terjadi pada bilik kanan dan kiri. Kedua ruang bilik jantung akan berkontraksi dan juga berelaksasi secara bersamaan.

Darah bersih dari paru-paru akan masuk melalui pembuluh pulmonal atau pembuluh balik paru-paru menuju jantung. Darah kaya oksigen tersebut masuk ke serambi kiri jantung. Selanjutnya darah masuk melalui katup mitrat menuju ke bilik kiri tepatnya saat serambi kiri berkontraksi. Katup mitrat akan menutup bila bilik kiri berkontraksi, sehingga katup aorta terbuka. Darah bersih kemudian dialirkan dan diedarkan ke seluruh tubuh.

Setelahnya darah kotor dari seluruh tubuh akan masuk ke serambi kanan jantung. Darah kaya karbondioksida tersebut masuk melalui pembuluh vena besar. Darah yang ada di serambi kanan berikutnya akan didorong menuju bilik kanan melalui katup pulmoner. Darah tersebut akan dialirkan melalui arteri pulmonalis dan menuju paru-paru. Darah akan mengalir mengelilingi kantong udara yang ada di paru-paru melalui pembuluh yang berukuran amat kecil. Salah satu tahap dalam cara kerja jantung ini bertujuan guna melepas karbondioksida dan menyerap oksigen

Darah yang kaya akan oksigen kembali dialirkan melalui bena pulmonalis menuju serambi kiri jantung. Sirkulasi ini terjadi dimana darah diedarkan antara bagian kanan jantung, paru-paru, dan serambi kiri jantung. Darah selanjutnya dialirkan masuk ke bilik kiri guna diedarkan melalui aorta menuju seluruh tubuh.

Peredaran Darah Tertutup dan Ganda

Peredaran darah manusia terjadi melalui pembuluh darah. Inilah mengapa peredaran darah manusia dikenal pula sebagai peredaran darah tertutup. Peredaran darah pada manusia juga dikenal sebagai peredaran darah ganda. Pasalnya pada setiap satu siklus darah dua kali mengalir melewati jantung. Adapun peredaran darah ganda tersebut selanjutnya dibedakan menjadi:

  • Peredaran Darah Besar

Peredaran darah besar atau sistem sirkulatoria magna adalah peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh. Tepatnya darah mengalir dari bilik kiri jantung ke seluruh tubuh bagian atas dan bagian bawah, kecuali paru-paru. Dari seluruh tubuh darah kembali mengalir ke jantung melalui serambi kanan jantung.

  • Peredaran Darah Kecil

Peredaran darah kecil atau sistem sirkulatori parva adalah peredaran darah dari jantung ke paru-paru. Tepatnya darah mengalir dari bilik kanan jantung ke paru-paru. Darah selanjutnya dialirkan kembali ke jantung melalui serambi kiri jantung.

Demikian ulasan tentang cara kerja organ jantung sebagai salah satu organ vital manusia. Semoga ulasan tentang cara kerja jantung kali ini bernilai manfaat.

Baca Juga : Lingkungan biotik & abiotik 

Leave a Reply