Perbedaan Lingkungan Biotik dan Abiotik

Semua mahluk hidup yang di muka bumi ini akan berinteraksi dengan lingkungan alam yang ada disekitarnya tanpa terkecuali manusia. Namun, kita sebagai mahluk hidup yang memiliki derajat yang tertinggi, akal dan perasaan, hendaknya lebih tahu dan menjaga berbagai komponen yang ada dilingkungan alam yang kita tempati. Oleh karena itu, mengetahui seluk beluk mengenai lingkungan tempat anda hidup merupakan ilmu yang mengasyikan, Untuk mempermudah dalam klasifikasi komponen yang ada di lingkungan, maka banyak pakar biologi yang membedakannya menjadi dua yaitu Lingkungan biotik dan Abiotik.

Lingkungan Biotik

lingkugan-biotik

Lingkungan biotik adalah sebuah komponen lingkungan yang terdiri dari semua jenis organisme / makhluk hidup yang ada didalam sebuah ekosistem . Agar mudah dipahami, silahkan lihat gambar gajah diatas. Komponen abiotik yang ada difoto diatas terdiri dari, gajah, pohon, rumput, mahluk yang ada didalam air (ikan, udang dll), bakteri ( baik didalam tanah, air maupun udara, virus dan lain sebagainya.

Komponen dari biotik tersebut dapat dibagi menjadi dua yakni autotrophs dan heterotrophs. autotrophs adalah mahluk hidup yang dapat memproduksi makanan mereka sendiri¬† dengan cara mengadsorpsi senyawa Co2 dan senyawa nitrogen anorganik sederhana, bahasa mudahnya mereka bisa merubah senyawa anorganik menjadi organik proses ini dikenal dengan sebutan “fotosintesis”. Contoh organisme autotrof adalah tumbuhan, alga dan bakteri autotrof. ¬†Sementara itu Organisme heterotrophs adalah adalah mahluk hidup yang sangat membutuhkan senyawa organik complex untuk mendapatkan nutrien dan energy.

Lingkungan Abiotik

lingkungan-abiotik

Lingkungan abiotik, yaitu komponen lingkungan yang Mengacu pada unsur-unsur tidak hidup baik secara fisik maupun kimia dalam ekosistem. sumber abiotik biasanya diperoleh dari litosfer, atmosfer, dan hidrosfer. Coba lihat foto rusa yang ada diatas, komponen lingkungan abiotik terdiri dari batu-batuan, ranting kayu mati, tanah beserta kadar mineral yang terkandung, sinar matahari, udara beserta kandungannya.

Studi lingkungan biotik & abiotik sering sekali mengacu kepada studi kompleksitas komponen hidup yang ada disebuah ekosistem untuk berinteraksi kepada sesama mahluk hidup dan non hidup yang ada disekitar lingkungannya. Semakain beragam komponen yang ada disebuah ekosistem maka semakin kompleks dan juga semakin rumit dan kompleksnya interaksi yang terjadi diantara semua komponen tersebut.