Mengenal Proses Fotosintesis Pada Tumbuhan Serta Manfaatnya

Proses fotosintesis pada tumbuhan mungkin sudah sering anda dengar sebelumnya. Proses ini terjadi pada tumbuhan yang memberikan manfaat bagi manusia, misalnya digunakan sebagai bahan makanan, pakan ternak bahkan ada juga beberapa jenis tumbuhan yang bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit.

Setiap makhluk hidup yang ada di dunia ini memiliki cara masing – masing untuk bisa bertahan hidup. Jika manusia bertahan hidup dengan melakukan proses bernafas dan mencerna makanan dalam tubuhnya, maka tumbuhan pun juga melakukan hal yang serupa yang sering disebut dengan Proses fotosintesis pada tumbuhan. Untuk lebih mengetahui secara detail mengenai apa itu fotosintesis, berikut penjelasannya.

Image credit : Wikimedia

Pengertian Proses Fotosintesis

Jika manusia untuk bisa bertahan hidup memerlukan energi yang dihasilkan dari proses pencernaan makanan, maka bagi tumbuhan untuk bisa bertahan hidup juga membutuhkan energi yang dihasilkan dari Proses fotosintesis pada tumbuhan. Dengan kata lain, Proses fotosintesis pada tumbuhan ini merupakan sebuah proses biokimia yang terjadi pada tumbuhan dimana dalam proses tersebut nantinya akan menghasilkan sumber energi yang dibutuhkan oleh tumbuhan untuk bertahan hidup. Dalam Proses fotosintesis pada tumbuhan ini memerlukan bantuan cahaya matahari

Proses fotosintesis pada tumbuhan ini terjadi pada bagian daun karena pada dasarnya daun merupakan bagian dari tumbuhan yang memiliki zat hijau daun. Zat hijau daun (klorofil) inilah yang berperan dalam proses penyerapan cahaya matahari yang mana sangat diperlukan untuk membantu Proses fotosintesis pada tumbuhan ini.

Meskipun Proses fotosintesis pada tumbuhan ini pada dasarkan merupakan cara yang dilakukan tumbuhan untuk tetap bertahan hidup, namun tahukah anda bahwa sebenarnya Proses fotosintesis pada tumbuhan ini juga sangat diperlukan oleh seluruh makhluk hidup yang ada di bumi ini. Alasannya adalah karena dari  Proses fotosintesis pada tumbuhan ini akan menghasilkan oksigen yang tentunya diperlukan oleh makhluk hidup untuk bernafas, terutama manusia.

 

Agar tumbuhan bisa melakukan Proses fotosintesis pada tumbuhan ini, maka diperlukan beberapa bahan, antara lain :

  • Klorofil
  • Cahaya matahari
  • Air
  • Karbondioksida

Berikut adalah proses kimia yang terjadi didalam proses fotosintesis

Faktor yang Mempengaruhi Proses Fotosintesis Pada Tumbuhan

Ternyata tak hanya proses metabolisme tubuh manusia saja yang dipengaruhi oleh faktor – faktor, entah itu faktor yang berasal dari dalam maupun dari luar. Dalam proses fotosintesis tumbuhan tersebut ternyata juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain sebagai berikut :

  1. Faktor dari Dalam (Internal)

Meskipun fotosintesis merupakan sebuah proses yang diperlukan oleh tumbuhan untuk dapat bertahan hidup, namun pada kenyataannya tidak semua tumbuhan memiliki zat hijau daun (klorofil). Padahal perlu anda ketahui bahwa klorofil ini merupakan zat yang sangat berperan penting dalam proses fotosintesis tersebut. Selain itu, setiap jenis tumbuhan memiliki reaksi masing – masing terhadap proses fotosintesis. Dengan kata lain, setiap tumbuhan akan menghasilkan reaksi fotosintesis yang berbeda meskipun berada di area yang sama.

  1. Faktor dari Luar (Eksternal)

Untuk faktor internal, terdapat beberapa hal yang dapat mempengaruhi proses fotosintesis tersebut, diantaranya :

  • Kondisi Tanah

Faktor eksternal pertama yang mempengaruhi proses fotosintesis adalah kondisi tanah dimana tumbuhan tersebut hidup. Tanah yang memiliki kandungan air dan mineral yang baik, tentu akan memberikan reaksi fotosintesis yang baik pula. Hal ini karena fotosintesis yang baik akan sangat dipengaruhi oleh penyerapan air yang baik pula.

  • Suhu

Selain kondisi tanah yang memiliki komposisi air dan mineral yang baik, suhu juga sangat berpengaruh terhadap Proses fotosintesis pada tumbuhan ini. Suhu yang baik secara otomats juga akan membantu proses fotosintesis berjalan dengan baik pula.

  • Karbondioksida yang Cukup

Jika manusia membutuhkan oksigen untuk bernafas kemudian membuang zt karbondoksida, maka pada tumbuhan justru sebaliknya. Tumbuhan sangat memerlukan zat karbondioksida untuk membantu proses fotosintesis dan bertahan hidup. Jika zat karbondioksida cukup tersedia, maka secara otomatis juga akan membantu tumbuhan untuk memberikan efek atau reaksi fotosintesis yang baik.

Fungsi Dari Fotosintesis

Setelah mengetahui mengenai pengertian serta faktor – faktor yang berpengaruh terhadapi proses fotosintesis tumbuhan, maka selanjutnya yang perlu anda ketahui adalah fungsi dari Proses fotosintesis pada tumbuhan ini, antara lain :

  • Menghasilkan Energi

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa proses fotosintesis ini akan menghasilkan sumber energi yang diperlukan tumbuhan untuk bertahan hidup. Beberapa zat yang dihasilkan melalui proses fotosintesis tersebut seperti glukosa, lemak dan juga protein. Semua zat tersebut sebenarnya tak hanya diperlukan oleh tumbuhan saja, namun secara tidak langsung juga akan sangat bermanfaat bagi hewan dan juga manusia.

  • Membersihkan Udara dan Menghasilkan Oksigen

Jika ditelaah lebih dalam, maka sebenarnya Proses fotosintesis pada tumbuhan ini tak hanya bermanfaat bagi tumbuhan itu sendiri namun juga bermanfaat bagi makhluk hidup lainnya termasuk manusia. Dari proses fotosintesis ini, tumbuhan sangat membutuhkan zat karbondioksida untuk melakukan prosesnya. Namun dari proses tersebut akan menghasilkan oksigen yang sangat diperlukan manusia untuk bisa bernafas dan bertahan hidup.

  • Menghasilkan Batu Bara

Tahukah anda asal mula dari terbentuknya batu bara? Sebenarnya batu bara terbentuk akibat proses fotosintesis. Setelah tumbuhan melakukan proses fotosintesis, maka sisa – sisa tumbuhan yang gugur dan mati akan menumpuk dan tertimbun dalam tanah. Timbuhan daun tersebut jika berlangsung dalam jangka waktu yang lama maka akan membentuk batu bara. Dan seperti yang kita tahu bahwa batu bara merupakan bahan alam yang memiliki peran tersendiri bagi manusia. Sehingga secara tidak langsung fotosintesis yang terjadi pada tumbuhan memberikan berbagai manfaat dalam kehidupan manusia.

Baca Juga : Cara kerja dari jantung manusia

Leave a Reply