7 SEO Tools Gratis yang sangat berguna untuk para bloggers

Jika sobat adalah seorang blogger biasa yang mempunyai kantong pas pasan dalam mempromosikan dan melakukan optimasi search engine, maka janganlah berkecil hati. Masih banyak SEO Tools gratisan yang mempunyai segudang fitur yang dapat membantu sobat dalam membangun SEO blog. Semuanya tergantung akan kerja keras dan konsistensi terhadap blog yang kita miliki. Oleh karena itu saya sedikit sharing kepada sobat sekalian mengenai SEO Tools yang sering saya gunakan dalam membangun blog sederhana ini. Berikut adalah yang dapat menjadikan senjata ampuh dalam membantu berbagai persoalan tentang SEO.

Baca Juga : Cara Setting SEO Friendly Robots.txt

1. Smallseotools.com

small-seo-tools

Small SEO Tools ini memiliki 65 Tools checker yang dapat digunakan untuk menganalisa sebuah domain. Saya sangat menrekomendasikan tools ini kepada sobat sekalian karena fiturnya yang sangat lengkap dan all in one. Saya sering menggunakan ini untuk melihat perkembangan blog saya seperti domain authority checker, keyword position checker, comparison search, broken link checker, page authority dan lain sebagainya.

2. Gtmetrix.com

gtmetrix-seotools-gratis

Seperti yang kita ketahui, kecepatan loading page merupakan salah satu faktor yang ikut dipertimbangkan dalam SERP karena page load time merupakan salah satu faktor penting dalam user experience. Oleh sebab itulah kita membutuhkan sebuah SEO Tools yang dapat menganalis secara detail mengenai ini. Saya secara pribadi lebih menyukai Gtmetrix dari pada page speed test google, karena ia memiliki fitur yang lebih lengkap seperti Yslow, waterfal dan history. Tidak hanya itu, Gtmetrix juga dapat menyajikan data yang sangat reliable dan analisis yang lebih mendalam. Selain GT metrix, saya juga merekomendasikan pingdom sebagai page tools speed yang baik, karena fiturnya yang membolehkan user memilih lokasi test dari 5 kota di dunia.

3. Majestic.com

majestic-seotools

Meskipun kita telah memiliki data backlink di google webmaster tools. namun tools tersebut sebenarnya belum cukup untuk menganalisis secara detail mengenai semua backlink yang telah kita bangun. Oleh karena itu, kita  masih membutuhkan sebuah backlink analis tambahan yang dapat memberi informasi mengenai seberapa banyak backlink yang telah kita buat secara pasti dan seberapa besar pengaruhnya semua backlink tersebut. Saya sangat merekomendasikan pada sobat sekalian untuk menggunakan majestic.com sebagai tools backlink checker tambahan. Dengan tools ini, sobat akan mendapatkan segudang manfaat yang tidak hanya info mengenai seberapa banyaknya backlink saja, tetapi juga bisa mengukur trustflow, citation flow, anchor text, deleted backlink, backlink history dan perbandingan backlink dofollow / nofollow yang dimiliki oleh sebuah domain. Namun sobat perlu ketahui bahwa, majestic.com adalah SEO Tools premium yang hanya menawarkan 3 klik / hari bagi orang yang ingin menggunakan tools ini secara gratis.

4. linkcollider.com

linkcollider-seo-tools

Berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan www.linkcollider.com , selama 1 tahun. Saya berani mengatakan bahwa, tools ini sangat berguna sekali untuk para blogger baru yang ingin boost trafficnya. Tools ini bisa memberikan sobat social media sharing, backlink dari website PR 2 & 3, directory submission, bookmarking submission, dan lain sebagainya. Untuk menggunakan service dilinkcollider, sobat harus mendapatkan token terlebih dahulu dengan cara membantu blog orang lain dengan membantu sharing artikelnya di sosial media, klik website orang lain, ataupun dengan cara like FB page, dan lain sebagainya.

5. Seositecheckup.com

seo-test

Jika sobat menginginkan pengujian SEO Test Score secara komplit, profesional dan mendalam, maka saya sangat menyarankan sobat untuk mencoba tools yang satu ini. SEOsitecheckup.com merupakan tools SEO Premium berbayar yang menyediakan  check gratis maksimal 1 test perhari. Tools ini bekerja berdasarkan hasil uji SEO yang diambil dari 46 faktor yang kemudian menilainya kedalam bentuk score akhir dan merangkumnya kedalam sebuah bentuk laporan. Tools ini sangat saya rekomendasikan bagi pembaca sekalian.

Baca Juga : Basic Dasar SEO Onpage

6. Google Keyword Planner & keywordtool.io

keyword-research-tools

Kedua Tools ini biasanya saya gunakan untuk melakukan keyword research namun dengan dua fungsi yang berbeda. keywordtool.io saya gunakan untuk mengenerate keyword sebanyak banyaknya. sementara itu, Google Keyword Planner saya gunakan untuk menentukan berapa traffik demand dan bidding adsense dari sebuah keyword yang akan saya targetkan.

7. Google Analytics

google-analytics-seo-gratis

Jika sobat belum menginstal google analytic, maka saya sangat sarankan untuk menginstalnya sekarang. google analytics tidak hanya berfungsi untuk melihat berapa jumlah visitor sebuah website namun juga dapat menentukan sifat dari visitor tersebut, seperti keyword, gender, lokasi, domain referal, bounce rate, dan juga dapat memberikan advice mengenai arah perkembangan ke depan blog yang telah kita bangun.

One Response

  1. icha 13 November 2016

Leave a Reply