Cara Setting SEO Yoast Plugin Yang Baik & Benar

Bagi anda yang ingin mengetahui tutorial mengenai cara setting SEO yoast plugin yang paling mantap dan ampuh dalam meningkatkan SEO onpage blog wordpress, maka anda berada diposisi yang paling tepat saat ini. Tutorial ini dibuat berdasarkan versi 3.0 keatas dari plugin yoast dan merupakan rekemondasi dari blogger yang sangat terkenal yaitu harsh agrawal.

Plugin Yoast SEO merupakan pesaing berat dari all in one seo pack plugin, yang mampu menawarkan fitur yang jauh lebih banyak dan lebih mutakhir bagi para webmaster sehingga sangat cocok bagi blog atau website yang masih sangat baru . Oleh sebab itu, disini saya akan membantu sobat sekalian dalam memberikan informasi tutorial mengenai Cara Setting SEO Yoast Plugin Yang baik dan Benar. Tanpa banyak basa basi, marilah kita mulai tutorial ini

General Setting

Cara Setting SEO yoast pada bagian General, hanya perlu memerhatikan pada 2 bagian tab saja yaitu bagian Site Info dan Webmaster Tolls.

Settingan  Your Info

tutorial-seo-yoast

Silahkan ketikan nama judul website anda pada bagian website name, dan masukan website description pada bagian Alternate Name. Untuk bagian Company or Person, silahkan isi person bagi anda yang hanya membuat sebuah blog yang dijalankan secara pribadi. Namun, bagi anda yang membuat website bagi sebuah perusahaan, maka ganti menjadi company dan masukan nama perusahaan anda dibagian company name.

Settingan Webmaster Tolls

tutorial-seo-yoast-2

Pada bagian webmaster tools, silahkan masukan kode verifikasi yang didapatkan pada saat memverivikasi website anda ketika mendaftarkan website di google webmaster tools, bing webmaster tools, dan yandex webmaster tools. Namun bagi anda yang hanya mendaftar pada google saja, Silahkan bagian bing dan yandex dikosongkan saja.

Titles & Metas Setting

Cara Setting SEO Yoast pada bagian Titles & Metas Setting, memerlukan modifikasi khusus pada bagian Homepage, Post Types, Taxonomies, archives dan Others.

Settingan Pada Bagian Homepage

tutorial-seo-yoast-homepage

Silahkan tulisakan nama / judul website anda pada kolom blog title template dan deskripsi websitenya pada kolom meta description template.

Settingan Pada Post Types

tutorial-seo-yoast-posttype

Pada bagian post type baik pada kolom settingan posts dan pages, title template direkomendasikan untuk diubah menjadi %%title%%. Selain itu, date in snippet preview disarankan untuk dihide.

Settingan Pada Bagian Taxonomies

Pada bagian taxonomies, sebenarnya anda bisa memilih sendiri settingan mana yang disukai. Namun, banyak para blogger terkenal di luar negeri, menyerankan settingan seperti gambar dibawah.

tutorial-seo-yoast-taxonomies

Pada Bagian  Title Template biarkan saja settingan secara default, dan pada bagian Yoast SEO Metabox silahkan ubah menjadi hide.

tutorial-seo-yoast-taxonomies-2

Pada bagian Tag, Saya secara pribadi lebih prefer untuk men-noindex meta robotnya dan yoast SEO metabox nya juga saya hide. Kalau sobat ingin men-index bagian meta robot maka sah-sah saja dan tidak dipermasalahkan sebenarnya.

Settingan di bagian Archives

tutorial-seo-yoast-archive

Dibagian archives, sangat disarankan untuk me-noindex meta robotnya, baik itu author archives dan date-based archives. Hal ini dilakukan agar mencegah terjadinya duplicate content, karena sangat memungkinkan tampilan author archive akan menyerupai seperti tampilah  homepage sehingga membuat bot search engine akan menganggap hal tersebut seperti duplicate content.

Settingan Others di Titles & Metas

tutorial-seo-yoast-other

Others merupakan bagian yang khusus dalam menyetting sitewide meta tag yang akan digunakan. untuk kolom subpage of archives disarankan untuk no-index sedangkan pada kolom meta tag keyword boleh disabled maupun enabled. Namun saat ini, google sudah tidak mempertimbangkan sama sekali penggunaan metatag keyword sebagai salah satu faktor dari SERP di search engine mereka. Jadi menurut saya tidak ada gunanya untuk enabled meta keyword tag

Social Media Setting Yoast

Cara Setting SEO yoast di bagian Social media sangatlah mudah, Anda tinggal memasukan link official social media yang akan mempresentasikan website / blog anda. Bagian ini berfungsi untuk memberitahukan search engine bahwa social media mana yang related langsung ke website anda. Tidak perlu mengesi semua social media, cukup beberapa social media yang dimiliki oleh website anda.

Sitemap Setting & Advance Setting

Dibagian Sitemap Setting, Tidak ada kolom dan bagian yang harus dirubah. Semua pilihan disarankan tetap berada pada settingan default. Sedangkan dibagian advance disini kita hanya perlu fokus pada dua sub tab yaitu Bread Crumb dan Permalink.

tutorial-seo-yoast-breadcrumb

breadcrumb adalah navigasi panah yang akan menunjukan dimana para reader berada saat ini. Sangat dianjurkan untuk menebled fitur Breadcrumbs ini. Karena fitur ini tidak hanya berguna untuk navigator yang baik bagi pembaca, tetapi juga sangat baik dalam membangun internal link blog anda nantinya.

tutorial-seo-yoast-permalink

Dibagian permalink, kita perlu menderedirect attachment url  ke parent post URL. Agar setiap gambar dan file yang diattach didalam postingan, dapat diredirect  langsung  ke URL asal dari gambar / file tersebut sehingga para pembaca bisa memperbesar gambar yang kita attach di postingan dengan jelas.  Selain itu jangan lupa untuk remove stop words from slugs agar permalink kita menjadi lebih SEO Friendly.

Baca Juga :Cara Menentukan Long Tail Keyword

2 Comments

  1. M Dadan Abdurahman 7 Oktober 2016
    • admin 7 Oktober 2016

Leave a Reply