Cara Mencari Long Tail Keyword Berpotensi

Seperti yang kita ketahui bahwa keyword merupakan jantung dari SEO. tanpa keyword riset, Usaha SEO yang telah kita kerjakan selama berbulan bulan bahkan bertahun tahun menjadi tidak terarah. Dalam melakukan usaha SEO, hal yang pertama yang mesti kita ketahui adalah keyword. Semua trafik organik yang kita dapatkan dari mesin pencari seperti google dan yahoo, semuanya berawal dari sebuah keyword yang diketikan di search engine oleh seorang user dan akhirnya menemukan website, blog dan postingan dari blog sobat.

Namun masalahnya adalah , saat ini telah ada puluhan juta website & blog diluar sana yang bersaing pada beberapa keyword tertentu sesuai dengan yang mereka targetkan, sehingga membuat tingkat persaingan keyword semakin ketat dan susah untuk ditembus, terutama bagi keyword yang pendek. Contohnya keyword pendek seperti ” bisnis online“, ” tutorial blogger” saat ini telah memiliki tingkat persaingan yang sungguh luar biasa tingkat persainnya dan sangat susah sekali untuk menembus first page google untuk keyword yang seperti itu. Oleh sebab itu perlu kita beranjak untuk mencari long tail keyword yang berpotensi dengan tingkat persaingan yang rendah namun memiliki trafik demand yang cukup tinggi. Berikut adalah tutorial nya.

Untuk mengenerate longtail keyword sebanyak banyaknya, saya akan menggunakan sebuah SEO Tools gratis yang bernama keywordtool.io, dalam tutorial ini saya akan membaginya dalam beberapa langkah  agar lebih mudah untuk dipahami.

Langkah pertama : setelah membuka situs keywordtools.io, silahkan ganti google.com menjadi google.co.id agar pencarian kata kunci long tail keyword bisa lebih banyak dan lebih akurat.

cara-keywordttools

Langkah kedua : Masukan short keyword yang ingin dicari long tail keywordnya. Dalam tuturial ini saya mencontohkannya dengan memasukan short keyword “bisnis online” dan menghasilkan 373 unik longtail keyword. Setelah mendapatkan hasilnya, silahkan klik copy all untuk mengkopi semua hasil longtail keyword yang didapat.

cara-keywordttools-3

Langkah Ketiga : Silahkan login ke akun google adword sobat, bagi yang belum punya akun adword silahkan signup terlebih dahulu (gratis). Setelah login ke dashboard adword silahkan klik Tools > Keyword Planner > Get Search Volume data and Trends. Terakhir silahkan di pastekan semua long tail keyword yang didapat dari keywordtools.io tadi ke adword Volume data and trends seperti gambar dibawah.

cara-google-adword

Langkah Keempat : Setelah menekan tombol get search volume, maka saatnya kita menganalisis 373 long tail keyword yang didapatkan dari keywordtools.io tadi, lengkapnya seperti gambar dibawah

cara-google-adword-2

Dari gambar diatas, ada dua hal yang perlu sobat cermati yaitu Average Monthly Search yang berarti Rata-rata Banyaknya orang mencari keyword tersebut di google dalam 1 bulan dan Suggested Bid yang berarti harga perklik iklan adword yang seharusnya di bidding yang juga akan berindikasi pada bidding adsense juga.  Intinya, semakin tinggi seach volume dan suggested bid maka semakin berpotensilah keyword tersebut untuk menghasilkan pundi-pundi dollar. Mengenai kolom competition sebaiknya tidak usah terlalu diperhatikan, karena hal itu merupakan kompetisi bidding dari pengguna adword bukan kompetisi  mengenai tingkat kesulitan persaingan dari sebuah keyword tersebut di mesin pencari.

 Baca Juga : Apa itu google panda, penguin dan Hummingbird ?

Leave a Reply