Mengapa Kualitas Backlink Jauh Lebih Penting dari Kuantitas

Kalau kita berbicara tentang dunia internet, maka kata-kata SPAM dan SPAMMER bukanlah sesuatu yang asing lagi ditelinga kita. Bahkan, mereka sangatlah meresahkan orang lain yang serius dalam membangun bisnis di dunia internet. Sebenarnya, Para spammer yang bertebaran ini memiliki tujuan untuk mendapatkan kuantitas backlink sebanyak banyaknya tanpa memikirkan sama sekali tentang kualitas backlink yang mereka dapatkan, sehingga dalam waktu yang singkat website mereka akan mendapatkan hadiah penalty dari google penguin bahkan bisa dimusnahkan dalam search engine google. Itulah sebabnya mengapa mendapatkan backlink berkualitas jauh lebih penting dari pada kuantitas. Lebih baik mendapatkan 50 backlink yang berkualitas dari pada mendapatkan 1000 backlink namun tidak berkualitas sama sekali. Baca juga : Tipe backlink yang dibenci google

Yang menjadi pertanyaan adalah apa sih yang dimaksud kualitas backlink? dan bagaimana cara kita mengukur bahwa sebuah backlink yang didapat berkualitas atau tidak? menurut para pakar SEO dari amerika serikat seperti alex becker, Ryan Deiss dan kepala webspam google matt cutts, kualitas backlink dapat diukur dari beberapa pendekatan sebagai berikut :

Relevansi Topik Backlink

Sebuah backlink berkualitas dapat dilihat dari seberapa relevannya topik backlink yang didapat. Contoh : website sobat berniche tentang otomotif dan mendapatkan 1 buah backlink dari blog yang berniche tentang dunia ibu. Maka backlink yang didapatkan tersebut bukanlah backlink berkualitas meskipun blog berniche motherhood tersebut mempunyai PR yang tinggi sekalipun.  Begitu juga didalam sebuah forum, jika blog sobat berniche tentang traveling namun mendapatkan backlink dari subforum atau forum yang membicarakan tentang hewan peliharaan, maka hal tersebut tidak relevan.

Relevansi backlink juga akan membantu bot search engine dalam mengambarkan dan menjabarkan isi konten blog sobat sehingga dapat meningkatkan SERP nantinya. Seorang Spammer yang hanya mengejar kuantitas backlink, sama sekali tidak akan memerhatikan sama sekali tentang hal ini, mereka akan menaruh backlink pada semua website yang mereka temui dengan seenak jidad mereka tanpa peduli apakah backlink tersebut relevan atau tidak. Oleh sebab itulah, untuk membangun link building dengan memerhatikan relevansi dari topik backlink harus menjadi patokan yang pertama.

Relevansi Lokasi Backlink dan TLD

Saya pernah mencek backlink sebuah website SPAM yang berbahasa indonesia di majestic dan juga alexa. Dari data tersebut, saya mendapatkan bahwa mayoritas backlink yang didapatnya berasal dari website berbahasa asing seperti russia, belanda, spanyol dan inggris dengan TLD domain seperti .ru , .de, uk dan lain2. Dari hasil tersebut terlihat sekali bahwa backlinknya sama sekali tidak berkualitas karena tidak memiliki relevansi lokasi dan TLD. jika sobat memiliki blog yang berbahasa indonesia maka untuk relevansi lokasi, sobat harus mendapatkan backlink dari website yang juga berbahasa indonesia, karena dimata google tidaklah masuk akal jika website sobat berbahasa indonesia bisa mendapatkan backlink dari website yang berbahasa spanyol.

Mengenai relevansi Top Level Domain, Jika blog sobat berbahasa indonesia, usahakan untuk mendapatkan backlink dari website ber TLD com, net, org dan lebih baik lagi jika sobat bisa mendapatkan backlink dari TLD co.id, .ac.id, dan .go.id.  Hindari mencari backlink dari website lokar luar negeri yang ber TLD lokal seperti .sg, .de, .ru, .in dan lain sebagainya.

Backlink dari website yang terpercaya

Membedakan backlink yang berkualitas atau tidak juga bisa dilihat dari sumber dimana backlink tersebut berasal. Backlink yang berkualitas biasanya berasal dari website yang memiliki trust flow, dan Domain Authority yang baik bukan dari website SPAM, kena sandbox google, dan website yang sama sekali tidak memiliki konten yang menarik atau informatif. Untuk itu, sebelum membangun link building buatlah daftar website mempunyai trust flow, pagerank dan domain authority yang baik agar bisa bisa dijadikan referensi terpercaya dalam membangun SEO Linkbuilding.

Variasi Anchor Text Backlink

Meskipun sobat telah memiliki backlink dengan relevansi topik, bahasa, TLD yang bagus sekaligus juga mendapatkan backlink dari website yang ber DA tinggi maka hal tersebut akan menjadi sia sia jika sobat menyebarkan anchor text yang persis sama dalam semua backlink. Misalkan sobat mempunyai backlink sebanyak 200 buah dengan 1 anchor text Toko Bunga Murah, maka hal itu juga tidak akan dianggap backlink berkualitas dimata google karena hal itu terlihat sangat tidak natural. Buatlah backlink dengan berbagai macam variasi anchor text, gunakan kata sinonim, buat backlink yang mengarah ke post, long tail keyword dan jangan lupa untuk membuat backlink dengan naked URL agar lebih memaksimalkan variasi backlink.

Jika kita teliti backlink websitenya para Spammer yang tersebar di internet, maka akan sangat jelas sekali terlihat bahwa backlink yang mereka dapatkan adalah ribuan backlink dengan anchor text yang persis sama. Para Spammer akan membuat sebuah text dengan anchor text link dalam sebuah notepad yang akan mereka kopas pada semua website yang mereka temui, bahkan mereka tidak segan segan menggunakan backlink generator agar bisa menyebarkan ratusan hingga ribuan backlink sekaligus dalam sehari. Oleh sebab itulah variasi backlink juga harus diperhatikan dalam membangun link building agar tidak disangka melakukan manual webspaming oleh google.

Baca Juga : Teori dasar SEO Onpage

8 Comments

  1. indra lesmana 15 Februari 2016
    • admin 17 Februari 2016
  2. mp3cari 25 Februari 2016
    • admin 26 Februari 2016
  3. photobooth instant souvenir 28 Februari 2016
  4. KutaLands 26 Maret 2016
  5. Danil 6 Juni 2016
    • admin 6 Juni 2016

Leave a Reply