Mengetahui Macam-Macam dan Harga Komputer Core 2 Duo

Harga komputer core 2 duo termasuk yang termurah di pasaran. Banyak faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya adalah saat ini sudah mulai banyak bermunculan berbagai prosesor baru yang lebih canggih sehingga posisi nya tergantikan dan harganya menjadi turun. Sebelum membahasnya lebih jauh. Sebenarnya apa itu Core 2 duo? Sering kita dengarkan terutama di toko toko komputer dan beberapa informasi mengenai komputer core 2 duo murah. Nah sebenarnya core 2 duo adalah sejenis prosesor pada komputer dan diproduksi oleh Intel. Seperti pada artikel sebelumnya, intel merupakan perusahaan prosesor atau otak komputer yang terkenal akan kemampuan kerjanya yang multitasking. Intel core 2 duo adalah generasi kedua dari beberapa generasi prosesor intel yang diberi label “core”. Di pasaran juga banyak ditemui intel dual core.

harga-dan-spesifikasi-komputer-core-2-duo

Banyak pula yang bertanya Tanya apa sebenarnya perbedaan dari kedua prosesor ini. mengingat harganya yang juga tidak terpaut terlalu jauh. Sebenarnya kedua prosesor ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Prosesor dual core diciptakan lebih awal sebagai generasi sebelum intel core 2 duo. Intel dual core mengusung 2 inti atau 2 core yang bekerja pada wilayahnya masing masing. Sedangkan core 2 duo memiliki 2 inti yang bekerja pada satu tempat yang sama. Untuk keandalannya pihak intel memberikan klaim bahwa intel core 2 duo lebih hebat dalam meng-otak-I komputer ketimbang pendahulunya dualcore. Seperti namanya intel dual core memiliki 2 inti namun bekerja sendiri sendiri yang memungkinkan adanya lag atau hambatan apabila inti satu dengan inti lainnya berinteraksi. Sedangkan intel core 2 duo memiliki 2 inti didalam wadah yang sama, sehingga proses dalam berbagai aktifitas komputer lebih sedikit resiko terhambatnya.

Harga yang ditawarkan apalagi komputer rakitan tidaklah terlalu mencolok. Namun anda juga harus pintar pintar memilih mana yang lebih tepat untuk anda jadikan partner dalam menunjang aktivitas. Saat ini juga telah diberikan berbagai macam bundling atau paketan yang menyertai komputer rakitan ber prosesor core 2 duo maupun dual core sehingga akan sulit memilih mana yang lebih tepat untuk diambil. Begitu pula dengan komputer pabrikan yang mengusung prosesor core 2 duo ini. Nah mari kita telusuri apa saja kelebihan dan kekurangan prosesor core 2 duo ini dan berapa kisaran harganya di pasaran.

Kelebihan dan Kekurangan Komputer Core 2 duo

Intel core 2 duo merupakan prosesor yang telah banyak dijadikan otak pada beragam jenis komputer. Intel core 2 duo merupakan prosesor yang mengakhiri masa kejayaan intel Pentium yang sudah ada sejak tahun 1993. Intel core 2 duo merupakan prosesor yang pertama kali di rilis pada tahun 2006 lalu dan merupakan suatu prosesor yang dapat menghemat daya lebih tinggi dan dapat bekerja semaksimal mungkin. Intel core 2 duo memiliki berbagai jenis juga dipasaran dan biasanya yang membedakan adalah kecepatannya. Nah kelebihan dari intel core 2 duo ini adalah memiliki desain arsitektur yang efisien dan dapat meningkatkan kecepatan serta mengurangi daya listrik sekaligus sebesar 40% dari prosesor intel generasi sebelumnya. intel core 2 duo juga dapat di overclock secara maksimal dan pada saat itu dapat menandingi pesaing terbesarnya yaitu AMD Athlon.

Overclock merupakan penggunaan yang melebihi kecepatan normal dari prosesor itu sendiri. Misalkan kecepatannya 1.8GHz, overclocknya dapat mencapai 2.2 GHz. Nah pada overclock ini intel core 2 duo masih stabil dan mengalami sedikit kendala saja. Kemudian speed nya yang beragam dalam berbagai produknya yaitu mulai 1.8 GHz sampai 3.0GHz. kemudian core 2 duo juga ringan dan performanya sangat cepat. Pada awal diluncurkannya produk ini yaitu pada tahun 2006, prosesor ini langsung dapat mengungguli pesaingnya yaitu AMD dan menjadi prosesor terhebat dan tercepat di kala itu.Mamiliki kelabihan belum tentu tidak memiliki kekurangan. Kekurangannya core 2 duo adalah membutuhkan kemampuan operating system dari komputer yang dapat mendukung prosesor ini.pada saat itu memang masih sedikit yang memproduksinya dan harganya juga mahal. Namun jangan khawatir untuk saat ini intel core 2 duo sudah kompatibel dengan cukup banyak device atau media dan operating system.

Spesifikasi dan Harga Komputer Core 2 duo

Komputer dengan prosesor core 2 duo sudah banyak beredar di pasaran. Nah harga komputer core 2 duo pun beragam dan masih tergolong terjangkau bagi semua kalangan. Di tahun 2016 ini komputer berprosesor core 2 duo harganya dapat dibilang lebih murah daripada smartphone. Haraganya hanya terpaut tipis dan dibedakan dari kecepatan prosesor dan material lainnya yang ada di dalam komputer. Berikut spesifikasi dan harganya yang saya sajikan dalam bentuk tabel

No Spesifikasi Harga
1 Prosesor : Core 2 Duo 1,8 -2,5 GHZ

Memory RAM : 1 GB DDR 2

Hardisk  : 160 GB

DVD

(CPU saja)

Rp 950.000,-
2 Prosesor : Core 2 quad

Mother Board: ECS G41T-TR16

Memory RAM : DDR3 1 GB

PC10600 DEAM, DVD RW SAMSUNG SATA, VGA, Sound, LAN On Board, Casing ATX 450W + USB menggunakan kecepatan 1.8GHz

(CPU Saja)

Rp 1.500.000 – 1.700.000
3 Prosesor : Core 2 Duo 1,8 GHZ

Mother Board : Asus P8H61-M LX3 LGA 775

Harddisk : 160 GB Seagate SATA 3

VGA :  Nvidia GT210

Keyboard + mouse logitech

DVD RW Samsung

Monitor 15,6 ” LG LED

(lengkap)

 

 Rp 2.800.000 – 3.100.000

Harga harga tersebut adalah harga yang cukup banyak muncul di pasaran dan tergolong sudah cukup banyak dijual. Komputer rakitan tentu saja dapat dirakit dengan kelengkapan lainnya melebihi spesifikasi diatas, semua tergantung kebutuhan. Beberapa harga diatas adalah harga patokan pasaran dari komputer core 2 duo. Yang lainnya mungkin hanya berbeda ratusan ribu tergantung dengan spesifikasi pelengkapnya. Demikian harga komputer core 2 duo, semoga tulisan ini dapat menjadi referensi terbaik bagi pembaca semua

Baca Juga : Serba Serbi ps 4

Leave a Reply