Tips Memilih Komputer Rakitan Gaming yang Tepat

Jual komputer rakitan gaming pasti terdengar menggiurkan bagi Anda yang memang sedang membutuhkan komputer untuk gaming. Namun, ada baiknya untuk tidak terlalu terburu-buru membeli komputer rakitan tersebut. Anda tetap harus memperhatikan detail dari komputer rakitan gaming tersebut. Dengan memerhatikan detail komputer rakitan gaming tersebut, maka diharapkan Anda akan mendapatkan komputer yang memang cocok untuk bermain game. Yang paling penting, biaya yang Anda keluarkan bisa lebih murah atau setidaknya sepadan dengan apa yang Anda dapatkan. Sebelum membeli, ketahuilah ada 3 kategori jenis komputer rakitan dipasaran yang dibagi berdarkan performa dari komputer rakitan tersebut yaitu low end, mid end dan high end.

Jenis Komputer Rakitan Gaming Low End

Siapa yang tidak suka bermain game apalagi melalui komputer pribadi? Pasti Anda yang masih kuliah atau sekolah pasti tidak akan melewatkan kesempatan tersebut. Sayangnya, harga komputer rakitan untuk gaming pun masih tetap mahal. Karena itu muncullah beberapa toko atau orang yang jual komputer rakitan gaming berkategori low end. Sesuai dengan namanya, komputer low end memiliki spesifikasi yang tidak terlalu tinggi. Namun, untuk keperluan gaming grafis komputer ini sudah cukup baik dan memuaskan penggunanya. Dengan begitu, Anda tetap bisa bermain game PC terkini favorit Anda. Harganya pun relatif lebih terjangkau karena spesifikasinya juga tidak terlalu tinggi.

Jenis Komputer Rakitan Gaming Mid End

Lebih tinggi lagi adalah jenis komputer rakitan gaming kategori mid end. Sesuai dengan namanya, komputer jenis ini dikatakan sebagai komputer gaming kelas menengah. Anda yang sudah berpenghasilan dan masih suka bersantai dengan bermain game bisa mempertimbangkan komputer rakitan jenis mid end ini. Tentu saja, spesifikasi komputer rakitan ini lebih baik jika dibandingkan dengan komputer low end. Karena spesifikasinya yang lebih tinggi maka harganya pun lebih mahal. Walaupun begitu performa komputernya tidak mengecewakan. Grafisnya lebih nyata dan Anda bisa memainkan game favorit tanpa halangan apapun.

Jenis Komputer Rakitan Gaming High End

Jenis komputer rakitan gaming yang paling tinggi adalah jenis komputer gaming high end. Jenis komputer ini bisa menjadi pilihan Anda yang memang berniat memiliki satu mesin game yang bisa dipakai dalam jangka waktu yang panjang. Tidak mengherankan memang karena harga komputer rakitan gaming high end sangat mahal jika dibandingkan dengan jenis low end dan mid end. Tapi sekali lagi, grafis dan performa jenis komputer rakitan ini tentu tidak akan mengecewakan bahwa cenderung sangat memuaskan. Selain itu, hardware dari komputer ini lebih tahan lama sehingga Anda bisa menggunakan komputer tersebut untuk jangka waktu yang lebih panjang.

Setelah mengetahui 3 jenis komputer rakitan gaming yang umumnya dijual di pasaran, Anda bisa sedikit mendapatkan gambaran masing-masing dari komputer rakitan gaming tersebut. Berikut ada beberapa referensi yang baik dijadikan sebagai patokan sebelum membeli. Patokan ini hanyalah sebuah tips yang merupakan opini yang saya dapatkan dari beberapa sumber yang ada di internet.

Referensi Komputer Rakitan Gaming Low End

Sebelum membeli komputer rakitan gaming, Anda tetap harus memerhatikan kelengkapan dari komputer itu sendiri. Berikut ini salah satu contoh referensi komputer rakitan gaming low end. Misalnya, untuk prosesor, Anda bisa memilih menggunakan prosesor jenis AMD Kaveri A6-7400K. Harga prosesor ini tidak terlalu mahal hanya sekitar Rp. 780.000 saja. Sedangkan untuk motherboard, Anda bisa menggunakan merk ASRock yang harganya juga berkisar di Rp. 700.000an saja. RAM pada komputer ini bisa menggunakan RAM merk Kingston DDR3 kapasitas 4GB seharga Rp. 340.000 saja. Jangan lupakan storage dan bisa menggunakan merk WDC 320GB SATA2. Harga penyimpanan eksternal ini sekitar Rp. 260.000 saja. Lengkapi dengan CPU cooler, casing, power supply, optical drive agar komputer rakitan gaming tersebut menjadi sempurna walaupun hanya low end. Jika ditotal Anda hanya memerlukan biaya sekitar Rp. 3.000.000an saja untuk mendapatkan komputer gaming di rumah.

Referensi Komputer Rakitan Mid End

Jika menurut Anda referensi di atas masih kurang dan Anda masih memiliki dana lebih, Anda bisa menjadikan referensi selanjutnya ini sebagai pertimbangan. Untuk yang  PC gaming yang mid end,  Dari sisi prosesor, Anda bisa menggunakan AMD vishera baik itu yang tipe FX-4300 ataupun FX-6300 turbo dan dilengkapi dengan motherboard ASUS nan memiliki 4 slot DDR3. Untuk Memory RAM, saya menyarankan untuk menggunakan RAM dari Team Elite Plus DDR3 8 GB ataupun beberapa spesifikasi RAM yang seimbang. Khusus VGA, gunakanlah VGA ATI R7 Radeon atau VGA zotac geoforce. Dari referensi diatas, biasanya harga yang dibandrol sekitaran biaya sekitaran Rp. 5 – 6 juta dan Anda sudah bisa bermain dengan komputer gaming mid end yang telah mampu untuk menghandle game berat seperti GTA V, assasin creed dan watch dog.

Referensi Komputer Rakitan High End

Untuk Anda yang memiliki dana lebih silakan saja menyiapkan komputer gaming high end. Namun memang harga yang akan dibayarkan memang sangat mahal. Hal yang paling mendasar yang membedakan Mid end dan high end terletak pada processor, VGA, dan secondary storage.  Biasanya untuk komputer gaming high end,  prosesor yang digunakan adalah  AMD Vishera FX-8320E  / FX 8350 atau intel core i5 / i7. Nah untuk VGA, high end menggunakan VGA yang sangat bagus sehingga resolusi gambar menjadi ultra HD seperti VGA Club Radeon R9 280X 3GB DDR5 384 Bit, dan Inno 3D Geforce GTX 960 4 GB DDR5 OC  dengan kombinasi motherboard Asrock, RAM merk Patriot, dan beberapa spesifikasi yang sejenis. Biasanya dana yang dibandrol sekitaran 9 juta sampai 12 juta rupiah. Walaupun mahal, namun PC High end performanya sudah tidak diragukan lagi, dijamin sangat cepat dan anti hang / ngelag, game sebesar apapun yang anda mainkan pasti akan mulus dibuatnya

Dengan informasi ini, semoga saja Anda bisa menemukan toko atau tempat jual komputer rakitan gaming yang sesuai dengan keinginan Anda. Jika ada pertanyaan silahkan tuliskan pertanyaan anda di kolom komentar postingan ini. Terima kasih

Baca Juga : Daftar Harga Komputer Rakitan terbaru

Leave a Reply