Mengetahui Daftar Harga Komputer Rakitan Terbaru dan Spesifikasinya

Daftar harga komputer rakitan terbaru di tahun 2016 semakin murah.Banyak para pemain dan produsen perlengkapan komputer rakitan yang memproduksi barangnya dengan sangat murah. Sebelumnya apa sebenarnya komputer rakitan yang dimaksudkan dalam artikel ini. komputer rakitan atau biasa disebut PC atau Personal Komputer atau PC rakitan merupakan suatu sistem otak komputer yang dirakit menyesuaikan kebutuhan penggunanya masing masing. Komponen komponen perakitannya mulai hardware seperti box CPU, prosesor, kartu VGA, sistem pendingin, pemroses grafis hingga pembaca dvd dapat di beli secara terpisah dan dirakit untuk menjadi satu kesatuan komputer yang disebut komputer rakitan.

Apakah kegiatan atau proses merakit sendiri komputer itu illegal? Tentu saja tidak, asal perakit tidak meniru atau menjiplak merk tertentu dan mengunakan hardware yang asli. Selama hal tersebut dipatuhi maka komputer rakitan tersebut termasuk legal.Komputer rakitan juga memiliki beragam keuntungan.Terutama ada pada biaya yang dikeluarkan.Harga komputer rakitan dengan spesifikasi tinggi biasanya lebih murah daripada membeli barang yang sudah jadi yang sudah bermerk terkenal.Pengguna juga dapat menentukan spesifikasi sesuai dengan uang yang dimiliki saat ini.Selain itu pengguna dapat menentukan spesifikasi yang diinginkan sesuai kebutuhan masing masing. Kemudian apabila terjadi kerusakan proses bongkar pasangnya mudah karena dikerjakan sendiri dan sedikit bantuan dari tenaga mesin. Lain halnya dengan komputer yang dirakit oleh pabrik tertentu yang dirakit dengan minim campur tangan manusia.

Apabila rusak maka perlu digaransikan ke tempat resmi yang ditunjuk pabrik agar pengerjaan menjadi terstandar. Sebagian orang juga menganggap hal ini cukup rumit dan malas melakukannya. Kekurangannya ada pada kesalahan manusianya sendiri, salah pasang, ceroboh dalam memasang dan kurang memperhitungkan dampak kedepannya yang kerap jadi masalah, istilahnya kurang ter standard dengan baku. Namun saat ini masalah itu sudah dapat diatasi dengan dasar berbagai pengalaman dan dengan mempelajari sistem yang baku dari komputer yang dirakit di pabrik. Jadi saat ini tidak ada alasan kembali untuk meragukan performa komputer rakitan.

Spesifikasi yang Ditawarkan

spesifikasi-komputer-rakitan

Pada umumnya komputer rakitan memang menawarkan harga yang lebih murah dibandingkan komputer yang dirakit dan diberi merk pada sebuah pabrik. Namun tahukah anda, sebelum membeli atau merakit sendiri komputer rakitan ada beberapa hal yang penting dan perlu diperhatikan. Yang pertama adalah isi dari otak komputer rakitan itu sendiri. Sebuah komputer rakitan biasanya masih menggunakan CPU atau Central Processing Unit. CPU berfungsi mewadahi berbagai unit yang nantinya akan berfungsi sebagai pemroses berbagai aktifitas yang dapat dilakukan komputer. Otak komputer tersebut terletak didalam CPU ini dan lazim disebut dengan prosesor. Prosesor ini merupakan otak komputer yang memiliki ukuran kecepatan dengan satuan GHz atau Giga Hertz. Semakin tinggi nilai dari Giga Hertz nya maka semakin cepat otak komputer ini melakukan pemrosesan berbagai aktifitasnya.

Nah prosesor ini secara umum di Indonesia dibagi menjadi dua pabrikan terkenal yaitu AMD dan Intel. Membuat prosesor ini sangat rumit dan mahal jadi masih jarang ada yang merakitnya sendiri, lebih hemat untuk membeli langsung jadi.Untuk prosesor, Intel memiliki harga yang lebih mahal dengan kemampuan memproses berbagai software yang lebih baik dan cepat dibandingkan dengan AMD. Jenis jenis prosesor intel di Indonesia banyak jenisnya. Mulai dari yang kelas paling murah adalah berjenis intel dualcore beragam seri dan intel core 2 duo dengan beragam serinya juga. Kemudian untuk kelas menengah ada seri intel i3 dan i5 yang sangat mumpuni dalam berbagai pemrosesan data. Kemudian di segmen tertinggi ada Intel i7 dan intel xeon.

Kedua jenis prosesor ini memiliki spesifikasi sebagai otak komputer yang terbaik dengan kecepatan 3.3GHz – 3.5GHz. Untuk prosesor AMD biasanya lebih banyak dipakai untuk desain grafis dan bermain game. Performanya telah teruji andal di berbagai ajang. Untuk harganya memang lebih murah daripada intel namun kualitasnya tidak dapat diremehkan dari intel. Untuk kelas yang paling murah hingga menengah ada jenis jenis yang umum dipasaran seperti AMD Athlon, AMD A4, AMD A6, AMD Quadcore A8, dan AMD Quadcore A10. Kemudian di kelas atas terdapat prosesor AMD Vishera FX 8350 yang memiliki kecepatan 4.2GHz.Membeli komponen utama atau otak dari komputer ini memang perlu pertimbangan sesuai dengan kebutuhan masing masing.Setelah memilih prosesor maka yang kedua adalah memilih tempat meletakkan prosesor tersebut. Tempat meletakkanya disebut dengan motherboard. Motherboard atau mainboard sangat penting bagi lalu lintas data saat komputer dioperasikan.Semakin bagus motherboard yang dipilih maka semakin lancar pula sistem pemrosesan datanya.Perlu diketahui pula motherboard bagi prosesor Intel dan AMD berbeda dan memiliki kecocokan masing masing.Kemudian kita dapat memilih RAM sesuai kebutuhan. RAM singkatan dari Random Acces Memory merupakan pengingat jangka pendek untuk berbagai aplikasi yang dijalankan pada komputer. Semakin besar ram maka kinerja komputer juga semakin cepat. Untuk komputer rakitan yang memiliki tuntutan multitasking lebih, standarnya adalah menggunan 4GB ram agar berbagai aplikasi standar yang dijalankan bersamaan tidak macet. Untuk pemain game, biasanya menggunakan ram yang lebih besar dari 4GB agar pengalaman bermain lebih menyenangkan dan tidak terjadi lagi.

Kemudian ada pula kartu grafis atau VGA card. Fungsi utamanya adalah sebagai penghasil tampilan grafis pada monitor komputer. Semakin besar ukurannya maka semakin bagus pula grafis yang dihasilkan. Kemudian untuk pemrosesan suara pada komputer dapat digunakan sound card. Sound card merupakan pemroses suara pada komputer. Spesifikasinya juga banyak tergantung kebutuhan dari penggunanya. Yang terakhir adalah Hard Disk atau gudang penyimpanan bagi berbagai aplikasi komputer anda. Ukurannya biasanya menggunakan satuan gigabyte, mulai dari 10 hingga 500 gigabyte lebih sudah beredar di pasaran. Kemudian yang kedua adalah berbagai kelengkapan pemrosesannya seperti monitor, mouse dan keyboard. Komponen ini juga penting karena apabila tidak ada komponen itu maka otak komputer tidak berguna karena tidak ada output yang keluar. Memilih monitor, mouse dan keyboard juga harus sesuai dengan kebutuhan.Untuk penggunaan normal maka dapat menggunakan spesifikasi yang biasa saja. Namun untuk keperluan pemrosesan grafis, dan game terkadang memerlukan hardware ekstra yang dibutuhkan seperti ketajaman layar, mouse yang memiliki berbagai fitur dan keyboard yang kuat.

Sekilas Daftar Harga Komputer Rakitan

harga-komputer-rakitan

Harga komputer rakitan kini bermacam macam sesuai dengan spesifikasinya. Berikut ini beberapa spesifikasi dan harga dari prosesor intel dan AMD dari segmen rendah, sedang dan tinggi.

  • intel dualcore 2200 2.2ghz, Motherboard cardex g41, RAM 2gb ddr3, hard disk 80gb sata seagate/wd (Rp 1.550.000,00)

 

  • intel core 2 duo 7300 2,66 ghz, Motherboard cardex g41, RAM 2gb ddr3 pc 10600, hard disk 80gb sata seagate / wd (Rp 1.590.000,00)

 

  • AMD A4-6300 3.7ghz,  Motherboard Biostar A58,  Memory 2gb Ddr3,  Hdd 320gb, Vga Onboard Radeon 8370d, Keyboard Mouse Powerlogic, Led Aoc 15.6” (Rp 2.515.000)

 

  • AMD Quadcore A8-7600 3.1ghz,  Motherboard Biostar A58 Fm2+, Memory 4gb Ddr3, Hdd 320gb Sata,  Vga Onboard Radeon R7 Series, Casing Powerlogic Usb, Led Lg 15.6” (Rp 3.640.000,00)

 

  • AMD Vishera Fx8350 4.2ghz, Motherboard Asrock 970 Pro3, Memory 8gb Ddr3, Hdd 1tb, Dvd Rw Samsung, Lg, Asus, Vga Nvidia Gtx960 4gb Ddr5, Psu Thermaltake 550w (Rp 8.760.000,00)

 

  • Intel Core I7 4790 3.6ghz,  Motherboard Gigabyte B85m, Memory 8gb Ddr3, Hdd 1tb, Dvd Rw Samsung,Lg,Asus,  Vga Nvidia Gtx950 2gb Ddr5, Psu Thermaltake 550w (Rp 9.950.000,00)

Demikian adalah gambaran sekilas mengenai range harga komputer rakitan yang beredar di pasaran. Harga yang tertera biasanya tidak jauh dari patokan harga tersebut, terpaut hanya ratusan ribu tergantung spesifikasinya juga.Semoga membantu dari beberapa Daftar Harga Komputer Rakitan.

Baca Juga : Berburu komputer rakitan mangga dua

Leave a Reply