Mengenal Lebih Dekat Apa Itu VPN (Virtual Private Network)

Apa itu VPN? Kadang pertanyaan ini sering kita keluarkan walau hanya dalam pikiran. Mungkin kita sering sekali mendengar VPN, dan bahkan ada sebagian diantara kita yang sering berkutat dalam dunia VPN tetapi masih tidak mengerti apa itu yang dimaksud VPN sebenarnya, jadi sekarang mari kita mencari tahu apa itu VPN, fungsi, serta manfaat yang bisa kita dapatkan dari penggunaan VPN tersebut.

VPN adalah kepanjangan dari Virtual Private Network yang dimana merupakan sebuah hubungan dari satu komputer yang terhubung ke komputer lain dengan sebuah jaringan secara private dan pastinya aman yang tersambung melalui sebuah jaringan komputer. Tentu kita pasti bertanya-tanya mengapa disebut dengan jaringan yang private. Hal ini dapat kita temukan jawabannya bila kita melihat dalam sudut pandang kegunaan dari VPN ini sendiri yang dimana ternyata VPN ini dapat menghubungkan satu komputer dengan komputer lain melalui jaringan pribadi yang tidak seorang pun tahu kecuali kita beri tahu, dan tentunya hal ini bisa kita lakukan apabila kita berada dalam sebuah jaringan internet.

VPN konon dikenal sebagai langkah yang sangat ampuh karena tentu kita tidak perlu khawatir lagi data-data yang ada dikomputer atau  laptop dicuri oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Karena tentu hal ini merupakan sebuah hal yang bersifat proteksi yang dimana tentunya VPN akan menjaga komputer kita dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Kegiatan mencuri data ini biasanya dilakukan dengan cara mengakses komputer target ketika target sedang fokus kelain hal, misalnya saja kita sedang browsing, membaca majalah lewat internet atau melihat gambar-gambar yang memang sedang kita cari. Dan dari sinilah para orang yang tidak bertanggung jawab tersebut akan melacak IP kita yang dimana bisa digunakan untuk pembobolan data dari komputer atau laptop kita yang dimana tentunya hal ini sangatlah berbahaya karena dengan menyerahkan data yang kita miliki ke seseorang yang tidak kita kenali tentu membuat diri kita khawatir karena kita tidak tahu akan dijadikan seperti apa data yang diambil dari komputer kita tersebut. Oleh sebab itu sangat penting sekali yang namanya VPN tersebut. Karena dengan hal inilah kita bisa terhindar dari penyalahgunaan orang-orang yang tidak bertanggung jawab tersebut.  Dan berikut adalah cara kerja dari sistem VPN ini :

  • Dalam mengeluarkan kemampuannya VPN membutuhkan sebuah koneksi yang terhubung kesebuah komputer baik dari aplikasi, router, atau bahkan komputer sang pengguna tersebut
  • Untuk bisa memulai hal yang satu ini komputer yang menggunakan aplikasi VPN ini biasanya akan diminta untuk mengontak VPN untuk melakukan sebuah verifikasi, dan hal berikutnya yang terjadi adalah kita akan diberi sebuah IP baru yang akan diberikan oleh VPN dan hal inilah yang digunakan untuk membentuk sebuah koneksi atau tunnel
  • Ketika hal itu sudah dilakukan maka komputer kita akan bisa mendapatkan akses ke berbagai penyedia atau resource (LAN / Komputer) yang dimana bisa melakukan proses pemindahan data, mengeprint sebuah dokumen, dan melakukan browsing dengan gateway yang sudah diberikan oleh VPN itu sendiri.
  • Jadi intinya apa itu VPN adalah, si pengguna akan diberikan sebuah virtual private server internet baru yang bertugas sebagai pelindung selama anda berselancar di dunia maya.

Adapun juga manfaat dan keuntungan yang bisa kita dapatkan dari penggunaan VPN ini seperti :

1. Menjaga Kerahasiaan

Hal pertama ini adalah sebuah hal yang tentunya menjadi point penting terhadap penggunaan dari VPN tersebut. Dengan menggunakan VPN berarti kita juga menciptakan suatu kondisi kerahasiaan yang dimana tentunya dapat menguntungkan client yang memasangnya. IP dari komputer kita akan dijaga dan tentunya hal ini akan memberikan sebuah proteksi tingkat tinggi yang bisa menguntungkan kita dan terhindar dari pencurian data-data

2. Menjaga Keutuhan Data

Memakai VPN juga berarti kita dapat menjaga seluruh keutuhan data yang kita miliki. Karena tentu kita tahu terkadang ada banyak kejadian dalam  proses pengiriman data yang dimana barang sampai tidak sesuai yang kita inginkan atau bahkan malah data yang kita kirimkan tidak terkirim sama sekali. Dengan menggunakan VPN hal seperti ini bisa diminimalisir kejadiannya, karena tentu kita tahu bahwa VPN akan menjaga data yang kita kirimkan sampai selamat ditempat tujuan, dan menghindari kerusakan, kecacatan, kehilangan, pemalsuan atau hal lain yang tentunya tidak kita inginkan ketika sedang melakukan proses pengiriman data ini.

3. Pengotentifikasian Data-Data  atau Sumber

Hal ini tentunya adalah sebuah hal yang sensitif bagi kita karena kerap kali kita ditipu oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab terhadap pengiriman sesuatu hal yang dimana kita bersedia untuk mengirimkan. Dengan menggunakan VPN ini dapat membantu kita untuk lebih berhati-hati lagi dalam melakukan proses pengotentifikasian yang dimana VPN akan mengotentifikasi sumber-sumber yang mengirimkan hal itu yang dimana nantinya akan dipilih-pilih. Bilamana VPN itu menyetujui dan berhasil melakukan proses pengotentifikasian berarti sumber bisa kita percaya untuk mengirimkan data-data yang diminta. Tetapi apabila VPN ternyata gagal melakukan proses pengotentifikasian berarti sumber haruslah kita waspadai karena bisa jadi sumber dimaksudkan untuk melakukan tindakan-tindakan yang tentunya tidak kita inginkan. Dan biasanya VPN akan mengolah hal-hal tersebut dan tentunya menggagalkan proses pengiriman.

4. Dapat menembus firewall yang dibuat pemerintah

Indonesia merupakan negara yang termasuk ketat dalam penyaringan akses internet dan membangun sebuah firewall untuk memblokir beberapa situs yang dianggap negatif, hal ini disebut dengan istilah internet positif. namun terkadang kiat pemerintah ini justru tidak tepat sasaran, bahkan ada beberapa situs yang hanya netral saja malah dianggap negatif seperti reddit, vimeo, imgur dan lain sebagainya. Nah dengan menggunakan VPN anda bisa melaju kemana saja dan melewati dengan mudah pemblokiran tersebut. Selain itu ada juga beberapa situs yang hanya di peruntukan untuk negara tertentu saja seperti netflix anda sama sekali tidak akan register di netflix jika anda mengaksesnya dengan IP indonesia atau dengan proxy transparan. Nah dengan VPN, anda dapat melakukan hal tersebut dengan mudah.

Itulah tadi beberapa manfaat penggunaan VPN dan berikut adalah kerugian dari penggunaan VPN :

1. Tidak bisa memprediksikan jaringan publik yang tersedia

2. Terkadang memperlambat jaringan internet

Terlalu memperhatikan keamanan yang terkadang mempersulit proses dari pengiriman data yang tentunya sudah kita tahu pasti sumber itu terpercaya tetapi tidak diotentifikasikan oleh VPN. Sehingga memperlambat proses pengiriman. Kecuali jika anda menggunakan VPN premium berbayar, maka ia akan memiliki koneksi yang jauh lebih cepat ketimbang  VPN yang gratisan.

Itulah tadi beberapa penjelasan dari pertanyaan apa itu VPN, semoga bisa menambah wawasan Anda dan tentunya membantu Anda dalam mencari informasi ini.

Baca Juga : Rekomendasi VPS Gratis

2 Comments

  1. setio 11 Desember 2016

Leave a Reply