Cara akses SSH pada VPS / cloud

Bagi sobat yang baru pertama kali membeli sebuah paket VPS / Cloud hosting Unmanaged maka artikel ini sangatlah cocok bagi sobat. Ketika sobat telah melakukan pembelian sebuah paket vps unmanaged maka yang akan sobat terima hanyalah adalah sebuah username, password, dan ip adress. seperti yang tertera pada gambar dibawah.

tutorial-akses-ssh-cloud

Bagaimana caranya akses server VPS/ cloud yang telah dibeli?

Langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah  akses root SSH VPS / cloud sobat dengan menggunakan software  SSH Access. ada banyak free download software yang bisa sobat gunakan untuk akses SSH server, berikut list nya :

pada dasarnya semua software diatas adalah sama, namun dari beberapa list tersebut saya sarankan sobat untuk memilih putty karena ia lebih banyak dipakai orang dan mayoritas tutorial juga banyak yang menggunakan puttY.

Cara Akses SSH Dengan PuttY

Setelah sobat instal software putty di komputer sobat, maka yang akan muncul adalah tampilan seperti berikut

tutorial-akses-ssh-putty

Setelah itu masukan ip adress vps / cloud sobat pada kolom hostname (or ip adress), pilih port 22, connection type tipe SSH seperti pada gambar dibawah.tutorial-akses-ssh-putty-2

Setelah selesai, silahkan klik OPEN dan setelah itu muncullah warning seperti gambar dibawah

tutorial-akses-ssh-putty-3

Setelah sobat melihat warning ini maka silahkan klik YES, maka tampilan akan beralih seperti gambar dibawah

tutorial-akses-ssh-putty-4

silahkan log in sesuai dengan username yang telah diberikan provider hosting.

masukkan-password-putty

silahkan sobat masukan password vps / cloud sobat sesuai yang diberikan provider. Note  : ketika sobat mengetikan password sobat, biasanya tidak akan terihat pada screen PuttY, untuk mem paste password, sobat hanya perlu melakukan satu klik kanan saja tepat pada kursor berwarna hijau pada screen putty.

ganti-password-vps-putty

Setelah berhasil memasukan password, maka setelah itu ia akan meminta untuk mengganti password for security reason.

putty-selesai

setelah memasukan new password maka akan muncul tampilan seperti gambar diatas. Nah ketika telah sampai step ini sobat berarti sudah ready untuk menginstal aplikasi di server sobat seperti, apache, nginx, PHpMyadmin, atau install control panel seperti webuzo,  Zpanel, Cpanel (beli lisensi), Plesk (beli lisensi) dan lain sebagainya.

Gimana cara nginstalnya ya gan? nah nanti akan saya jelas kan pada post berikutnya. Happy Coding ya  🙂

Baca juga : Pengetahuan Dasar VPS Bagi Pemula

One Response

  1. Swapna Raj 23 Maret 2016

Leave a Reply