Cara install WordPress di vps cloud digital ocean dengan mudah

DigitalOcean adalah perusahaan hosting penyedia layanan unmanaged cloud vps  yang berpusat di kota new york amerika serikat. Digital ocean berdiri pada tahun 2011 yang didirikan oleh Ben Uretsky. Setelah tiga tahun berdiri, digital ocean mengalami kebanjiran pelanggan sehingga sekarang ia berubah menjadi perusahaan raksasa yang merajai provider platform cloud computing dan memiliki lebih dari 2 juta pelanggan. Hal ini dikarenakan VPS cloud yang ditawarkan digital ocean sangat handal, memiliki uptime yang sangat tinggi dan juga memiliki harga yang murah.

Walapun digital ocean hanya menyediakan cloud unmanaged, namun ia memiliki fitur one click app installer yang memudahkan customernya untuk memilih platform applikasi agar tidak perlu terlalu pusing menginstalnya di SSH. Oleh sebab itu, melalui post ini saya akan menjelaskan tutorial cara install wordpress di vps digital ocean dengan mudah. Bagi yang belum mendaftar dan ingin memiliki akun di digital ocean silahkan klik disini untuk mendapatkan free credit 10 $ setelah memverivikasikan detail pembayarannya.

Langsung saja, ikuti langkah-langkah yang saya tulis beserta dengan tutorial gambarnya. Langkah pertama login ke akun digital ocean sobat dan create sebuah drople  seperti yang tertera pada gambar berikut

buat-droplet-digital-ocean

Setelah mengklik button create droplet maka sobat akan disuguhkan beberapa pilihan OS, namun yang akan diklik adalah one click apps seperti gambar dibawah.

klik-install-app-digitalocean

setelah diklik one-click install app tersebut, maka muncullah tampilan berbagai applikasi website seperti pada gambar dibawah dan kemudian klik wordpress

klik-wordpress-untuk-instalasi-langsung

Setelah itu pilih size dari droplet yang berupa RAM, SSD, dan Bandwidth. Setelah itu pilih data center yang disedikan nan terdiri dari new york, amsterdam, san francisco, frankfurt, singapore, london dan Toronto. Namun saya menyarankan, jika blog sobat adalah blog berbahasa indonesia, saya sarankan untuk memilih data center singapore karena jarak data centernya sangat dekat dengan indonesia sehingga dapat mempercepat loading blog / website sobat oleh visitor indonesia.

pilih-size-dan-lokasi-data-center

Setelah memilih data center dan size dari droplet, maka pilihlah fitur tambahan yang diberikan oleh digital ocean. Semuanya gratis kecuali backup karena akan dikenakan biaya tambahan jika mencentang backup. Saya secara pribadi hanya cukup mencentang Private working dan IPv6 saja. Nah yang terakhir silahkan namai droplet sobat agar mudah diingat nantinya.pilih-opsi-tambahan-dan-namai-dropletNah sampai tahap ini telah terciptalah sebuah droplet (VPS) yang bisa sobat gunakan untuk hosting blog / website. Langkah selanjutnya adalah check email sobat, maka sobat akan melihat kiriman email dari digital ocean mengenai detail IP dan password seperti pada gambar dibawah.

email-ip-adress-password

setelah sobat mendapatkan detail seperti diatas, maka saatnya kita akses server vps tersebut melalui akses SSH. Bagi yang belum mengetahui bagaimana caranya mengakses SSH, maka bisa dibaca pada artikel berikut : Tutorial cara akses SSH di cloud

Setelah sobat memasukan data ip adress dan password sekaligus mengganti password di software putty maka akan terlihat tampilan seperti gambar dibawah.

tampilan-wordpress-ssh

setelah melihat tampilan diatas, silahkan catat dua poin lingkaran yang sudah saya tandai karena hal tersebut akan berguna suatu saat nanti :

  • lingkaran no 1 : http://128.199.150.46/info.php digunakan untuk melihat detail dari instalasi PHP yang sudah tertanam di server sobat
  • Lingkaran no 2 :  password mysql root user password, yang digunakan untuk akses mysql nantinya

sampai tahap ini sebenarnya blog wordpress sobat sudah selesai diinstal, silahkan sobat akses ip adress sobat di browser mozilla atau chrome, maka akan langsung muncul tampilan pendaftaran dan form instalasi wordpress seperti gambar dibawah.

form-instalasi-wordpress

silahkan isi form terbut dengan benar buatlah username dan password yang rumit supaya menyusahkan para hacker, dan masukan data blog sobat yang ingin sobat buat. setelah itu, blog wordpress sobat sudah bisa untuk digunakanan, didesain dan diisi konten yang menarik bagi para pengunjung blog sobat nantinya.

Happy blogging ya 🙂

Baca juga : Tutorial cara install Cpanel Webuzo di Centos

 

Leave a Reply